Beranda Daerah 1.000 Batang Bibit Pohon Ditanam di Areal Gunung Rajabasa

1.000 Batang Bibit Pohon Ditanam di Areal Gunung Rajabasa

174

SUARATRANS, PENENGAHAN – Masyarakat Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan KPHP Way Pisang serta Forkopimcam Penengahan, tanam 1.000 batang bibit pohon di Gunung Rajabasa, Rabu (12/02/2020).

Penanaman pohon tersebut, dilakukan untuk penyelamatan sumber mata air kawasan hutan lindung yang ada di areal Gunung Rajabasa, pada ketinggian 600 mdpl.

Bibit yang terdiri dari jenis pulai, medang, kemiri, trembesi dan kayu putih itu, terinisiasi oleh masyarakat dari LPHD Way Kalam dan Padan, Kecamatan Penengahan.

Wahyudi Kurniawan selaku Kepala KPHP Way Pisang mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan memberi apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan  secara swadaya ini. 

Baca Juga:  Aliansi Umat Islam Anti Kezaliman Sampaikan Aspirasi ke Gedung DPRD Lampung Utara

“Kegiatan ini akan dijadikan sebagai langkah awal dalam Penyelamatan Titik-Titik Sumber Mata Air Lainnya di kawasan Gunung Rajabasa,” katanya.

Hal ini dikarenakan, keberadaan air merupakan salah satu kebutuhan utama dari kehidupan masyarakat, sehingga sangat penting bagi semua pihak menjaga kelestarian lingkungan.

“Sangat benting bagi kita untuk bersama-sama mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk menghijaukan daerah sumber mata air tersebut,” pungkasnya.

Menurut Kepala Desa Way Kalam, Abdul Rasyid, bahwa kegiatan tersebut bekerjasama dengan Desa Padan yang merupakan swadaya dari masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Nanang Ermanto Lantik Pj. Kepala Desa Kerinjing

“Dimana semua pihak terkait, dilibatkan dalam rangka penghijauan kawasan hutan lindung di sekitar sumber mata air ini,” katanya.

Diketahui, saat ini terdapat sekitar 50 titik sumber mata air di Gunung Rajabasa yang tersebar di 22 areal pemanfaatan hutan desa. 

Dari Hasil identifikasi tim lapangan KPH dan LPHD didapatkan, bahwa beberapa titik sumber mata air mengalami penurunan debit mata air secara signifikan, sehingga perlu dilakukan penanaman pohon untuk memulihkan debit airnya. (BE)