Beranda Daerah Atasi Kekeringan sawah Saat Kemarau, Dinas Pertanian Mesuji Bangun Sumur Bor

Atasi Kekeringan sawah Saat Kemarau, Dinas Pertanian Mesuji Bangun Sumur Bor

64

Mesuji Lampung,(Suaratranc.com)- Ancaman kekeringan sawah pada musim gaduh terjadi di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Menurut, Sekertaris Dinas Pertanian Mesuji  Agus Riyanto, ancaman kekeringan ini yang dimungkinkan gagal tanam, karena tidak terjadi turunya hujan dalam kurun waktu yang cukup lama.

“Dinas pertanian sendiri telah memastikan kelapangan bersama Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Kepala Bidang dan PPL, untuk mencari solusi yang diambil agar masalah kekeringan ini dapat teratasi,” ujar Agus saat di temui di kantrnya.

Baca Juga:  BPDASHL Way Seputih-Way Sekampung tingkatkan Soft Skill Bakti Rimbawan dengan Pelatihan Teknik Ecoprinting

Selanjutnya, Agus menilai tindakan yang bisa dilakukan secara cepat adalah dengan berharap turunnya hujan. Sebab, lokasi persawahan mencapai lebih kurang 1 Km dari sumber mata air (primer).

Sehingga, pihaknya telah memikirkan solusi jangka panjang dengan merencanakan membuat sumur bor dengan pendataan dibeberapa titik persawahan.

Agar kedepannya tidak ada lagi kendala terhadap kekeringan pada saat tanam gaduh ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Bersama Masyarakat Kita Bisa Merancang Kegiatan Pembangunan Pekon

Meskipun demikian, Agus meyebut belum dapat memastikan kapan realisasi sumur bor dapat terlaksana, karena solusi atasi kekeringan tersebut baru didapat dan sedang dilakukan tindakan lebih lanjut. (DMR)