Lampung

Babinsa Koramil 426-02 Menggala Adakan Binratih

Suaratrans, TULANG BAWANG – Pembinaan Rakyat Terlatih (Binratih) adalah salah satu dari beberapa tugas pokok pembinaan teritorial seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) atau sebagai aparat teritorial dalam rangka menyiapkan dan memberdayakan masyarakat di wilayah binaan sebagai komponen pendukung pertahanan Negara.

Koptu Junaedi, Babinsa Koramil 426-02/Menggala, Kodim 0426 Tulang Bawang, Kampung Tri Jaya, Kecamatan Penawar Tama, Kabupaten Tulang Bawang, memberikan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas di Kampung Tri Jaya bersama Babinkamtibmas, Rabu (18/12/2019).

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas diberikan beberapa materi diantaranya PBB (Peraturan Baris Berbaris), PPM (Peraturan Penghormatan Militer) dan Bela Negara, jelas Koptu Junaedi kepada Wartawan.

Baca Juga:  Kabupaten Tulang Bawang, Memprioritaskan Kebijakan Yang Mengarah Kepada Kepentingan Rakyat

Di tempat berbeda, Komandan Koramil 426-02/Menggala, Kapten Inf Arief Afuan menjelaskan, Pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka pembinaan rakyat terlatih (Binratih) dengan tujuan untuk meningkatkan daya dan kekuatan tangkal Bangsa dan Negara, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka pertahanan keamanan Negara, atau dengan kata lain pemberian pelatihan dengan tujuan utama “Menumbuhkan semangat bela Negara”

Baca Juga:  Pesan Pj.Bupati Mesuji, “Pasca Pilkades", Tetap Jaga Keharmonisan”

Masih kata kapten Arief, selaku aparat Satkowil (Satuan Komando Kewilayahan) harus bisa mengembangkan peranya di wilayah binaan terutama dalam membina potensi pertahanan untuk diberdayakan menjadi kekuatan pertahanan, guna mempertahankan kedaulatan Negara dan keutuhan wilayah serta melindungi kehormatan dan keselamatan Bangsa Indonesia. (*)

Artikel Terkait

Back to top button