Beranda bandar lampung Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Kertas Baru, Gubernur Lampung Orang Pertama Di...

Bank Indonesia Luncurkan Uang Rupiah Kertas Baru, Gubernur Lampung Orang Pertama Di Lampung Yang Melihat Uang Rupiah Kertas Emisi Tahun 2022  

66

Bandar Lampung,(Suaratrans.com) -Gubernur Arinal Djunaidi mengikuti acara Peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru Emisi Tahun 2022 secara virtual, di Mahan Agung, Kamis (18/08/2022).

 

Peresmian Peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru Emisi Tahun 2022 ini dilaksanakan di Jakarta, oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warijiyo.

 

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Gubernur Bank Indonesia, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono menyerahkan Uang Kertas Baru kepada Gubernur Lampung.

 

Uang Kertas Baru tersebut tersimpan di dalam sebuah kotak, mulai pecahan terkecil yaitu pecahan Rp.1000 sampai pecahan terbesar Rp.100.000.

 

“Orang yang pertama melihat dan membuka uang kertas baru di Lampung adalah Gubernur Lampung,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Lamsel Bantu Korban Rumah Terbakar di Kecamatan Penengahan

 

Istimewanya, seluruh pecahan uang yang diserahkan tersebut, dari yang terkecil sampai terbesar menggunakan nomor seri yang sama yaitu, tahun kelahiran Gubernur Lampung 1956.

 

“Ini hanya satu untuk Lampung, yang lain tidak ada,” kata Budiyono.

 

Presiden Joko Widodo sebelumnya menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Ketetapan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI yang diteken pada 6 Juli. Berikut gambar pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022.

 

1. Gambar pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 100 ribu.

Baca Juga:  Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Program Co-Firing PLN Untungkan Warga Ende

 

2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 50 ribu.

 

3. Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi  sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 20 ribu.

 

4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo  sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 10 ribu.

 

5. Gambar pahlawan nasional D.r. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 5.000.

 

6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama  bagian depan pada rupiah pecahan Rp 2.000.

 

7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia Kartawidjaja sebagai gambar utama pada bagian depan pada rupiah pecahan Rp 1.000. (**)