Beranda Daerah Lampung Bawaslu Mesuji Evaluasi Laporan Akhir Pengawasan Pemilu 2019

Bawaslu Mesuji Evaluasi Laporan Akhir Pengawasan Pemilu 2019

394
Foto: Yudi Falsah/suaratrans.com

Suaratrans.com, MESUJI – Dalam rangka memberikan peningkatan pemahaman dan kapasitas jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji menggelar rapat koordinasi evaluasi laporan Akhir Pengawasan pemilu 2019 di Hotel Andalas Bandar Lampung, Rabu (29/5/2019).

Rakor bertujuan untuk mengevaluasi program/kegiatan, fungsi fasilitasi teknis dan supervisi pengawasan, penanganan temuan pelanggaran dan menyampaikan hasil dari pengawasan yang dilaksanakan oleh Panwascam.

Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto saat memberikan sambutan menyampaikan Pemilihan Legeslatif  dan Presiden Tahun 2019 telah selesai sebab itu kita harus melakukan evaluasi agar kegiatan yang telah dilaksanakan dapat tercover semua didalam tulisan bukan hanya melalui ingatan.

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Besok Meresmikan Jalan Tol di Lampung

“Saya berharap kepada seluruh Panwascam agar dimasa akhir tugas dapat memaksimalkan hasil dari kinerja selama menjadi Pengawas Pemilu” jelas Apri.

Kemudian data ini lanjut Apri, menjadi data awal untuk menjadi acuan Panwascam kedepan, namun data yang dibuat sebaiknya mudah dimengerti semua orang, sebab itu data yang dibuat tertuang dengan tulisan.

Dengan adanya beberapa kelemahan Panwascam  dalam membuat laporan dan melakukan tindak lanjut pelanggaran belum berjalan secara baik.

“Ada yang mampu menceritakan dan mengingat apa yang sudah dilakukan namun belum dituangkan dalam bentuk tulisan, yang terpenting untuk kedepan dapat memperbaiki kinerja pengawasan” jelasnya

Baca Juga:  Dugaan Pemalsuan Ijazah, PKBM Tunas Harapan Dilaporkan ke Polisi

Sementara Divisi Hukum Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bambang Wahyudi menyampaikan, kegiatan ini guna membuat semua laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan sehingga sistem pengawasan pemilihan dimasa yang akan datang lebih terstruktur dan terkoordinasi.

“Kita akan membahas temuan/laporan, program kegiatan, fungsi fasilitasi teknis dan supervisi pengawasan, sehingga ini menjadi sejarah bagi semua pengawas pemilu kemudian menjadi bahan acuan untuk generasi kedepan” ungkapnya

Acara rakor secara bertahap, mulai dari tanggal 28 – 31 Mei 2019, dengan peserta 21 orang dari kecamatan terdiri dari ketua dan anggota, serta didampingi staff sekretariat Panwascam se-Kabupaten Mesuji secara bertahap.

“Pada kegiatan ini juga, Panwascam masing – masing memaparkan Laporan Akhir Hasil Pengawasan Pemilu tahun 2019,” tutup Bambang. (KOWOR CS)