Beranda Daerah Buka Bimbingan Manasik Haji, Nanang Titip Doa Untuk Kemajuan Lampung Selatan

Buka Bimbingan Manasik Haji, Nanang Titip Doa Untuk Kemajuan Lampung Selatan

290

SUARATRANS – Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, berikan bimbingan manasik haji kepada 399 orang calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Lampung Selatan.

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, secara langsung membuka kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sebuku, Gedung PKK setempat, Rabu (19/06/2019).

Menurut Nanang, melalui bimbingan tersebut, CJH dapat memahami dan mengikuti kegiatan dengan penuh kesungguhan hati, sesuai dengan syarat-syarat dan rangkaian pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan.

“Saya harap, saudara-saudara calon jamaah haji dari Kabupaten Lampung Selatan, akan mendapatkan pengetahuan tentang tata cara beribadah haji yang sesuai dengan syariat ajaran Islam,” kata Nanang.

Selain itu kata Nanang, dirinya juga berharap, para CJH dapat memahami segala peraturan dan tata cara ibadah haji yang telah ditetapkan secara optimal.

“Sehingga, pada saaatnya nanti, ketika saat melaksanakan ibadah di Tanah Suci Mekkah, mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan insya Allah menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Baca Juga:  Jembatan Penghubung Antar Desa Sangat Memprihatinkan

Tak lupa, Nanang berpesan kepada para CJH, agar dapat menjaga dan memelihara selalu kesehatan fisik, serta mental dengan sebaik-baiknya, selama melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah nanti.

“Saya pesan jaga kesehatan, karena disana (Mekkah) nanti, cuacanya berbeda dengan Lampung Selatan. Saya juga titip doa untuk kemajuan Kabupaten Lampung Selatan, dan semoga sebagai Plt Bupati saya bisa menjalankan amanah ini dengan baik,” pungkasnya.

Sementata itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, Juanda Naim selaku Kepala Staf Haji dan Umroh menyampaikan, jumlah keseluruhan CJH Lampung Selatan sebanyak 399 orang. Rinciannya, laki-laki 189 orang, dan perempuan 210 orang.

Adapun, Juanda mengungkapkan, CJH wanita termuda berusia 22 tahun atas nama Sofiatul Af Idah dari Kecamatan Penengahan, dan CJH laki-laki termuda berusia 26 tahun atas nama Hafid Miftahul Hadi dari Kecamatan Sidomulyo.

“Ada pula calon jamaah haji wanita tertua berusia 89 tahun atas nama Omah Jama Doda dari Kecamatan Penengahan, sedangkan untuk calon jamaah haji laki-laki tertua berusia 94 tahun atas nama Kartobi juga dari Kecamatan Penengahan,” tutur Juanda.

Baca Juga:  Winarni Nanang Ermanto Cek Kesiapan Lomba Desa di Pasuruan

Juanda menjelaskan, pembinaan bagi para CJH dilaksanakan oelh masing-masing Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota setempat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Adapun kata dia, tujuan dari penyelenggaraan manasik itu sendiri untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi CJH

“Selain itu, kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan Syariat Islam. Sehingga calon jamaah haji dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” kata Juanda.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Perwakilan Kepala Bidang Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Nurhadi, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan Drs. Juanda Naim, MH, dan Kepala BMSK Lampung Selatan Kholil. (BE/AZ)