Beranda Berita Media Global Bupati H.Saply TH Pimpin Musrenbang RKPD Tahun 2023,Tingkat Kecamatan Secara Daring

Bupati H.Saply TH Pimpin Musrenbang RKPD Tahun 2023,Tingkat Kecamatan Secara Daring

94

Mesuji Lampung (Suaratrans.com) – Bupati Mesuji Hi.Saply TH  Secara Virtual Membuka Kegiatan Musrenbang RKPD Kecamatan Se-Kabupaten Mesuji tahun 2023 Senin (21/2/22), Penyampaian Virtual Yang Di Lakukan Di Kantor  Bupati Mesuji ini Di Hadiri Langsung Wakil Bupati Mesuji Anggota DPRD Mesuji,,Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji,Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji,Camat se- Kabupaten Mesuji,Danramil 426-01/Mesuji,Kapolsek se- Kabupaten Mesuji,Kepala Desa dan BPD se-Kabupaten Mesuji,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tamu Undangan, Rekan Pers,.

 

Bupati Mesuji Dalam Penyampaiannya Mengatakan’ saya ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Kepala Desa dan Ketua BPD, serta tokoh masyarakat yang mewakili desa yang telah hadir pada Musrenbang Kecamatan se-Kabupaten Mesuji yang di Gelar Secara Virtual, Sogyanya saya ingin bertatap Muka Dengan Soudara Dekalian Namun Di Tengah Pandemi Covid 19 saat ini, mohon kiranya Peserta musrenbang Dapat Memakluminya.

Musrenbang Kecamatan ini merupakan kegiatan penting Saya katakan demikian, karena kegiatan ini adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Mesuji untuk tahun anggaran yang akan datang.

 

Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan. Dengan demikian, diharapkan pembangunan di Kabupaten Mesuji akan benar-benar mencerminkan partisipasi masyarakat.

Baca Juga:  JMSI Usulkan Gubernur Lampung Menerima Penghargaan JMSI Award di Aceh

Selain itu Lanjutnya lagi, Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah

untuk mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan dan menjamin konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan, juga mengoptimalkan partisipasi masyarakat.

 

Masih Di Katakan Bupati Mesuji, Perencanaan pembangunan tahun 2023 ini untuk menjawab isu strategis, dengan mengusung tema pembangunan: “Penguatan Perekonomian Daerah yang bertumpu pada peningkatan Produksi dan Produktifitas Pertanian”, melalui lima prioritas pembangunan, yaitu:

1. Peningkatan Perekonomian Daerah Berbasis Pertanian dan Wilayah Pedesaan

2. Peningkatan Sumber Daya Manusia  dan Daya Saing Daerah

3. Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan serta Perlindungan sosial

4. Peningkatan Infrastruktur Daerah dan Pembangunan yang berkelanjutan.

5. Peningkatan Pelayanan Publik Instansi Pemerintah dan Tata Kelola Pemerintahan

Dari prioritas pembangunan tersebut akan dijabarkan ke dalam program dan kegiatan yang tertuang pada dokumen perencanaan sesuai bidang kewenangan dari masing-masing Perangkat Daerah yang berasal dari sumber dana APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Baca Juga:  Dua Wanita Diduga PSK, Diamankan Polisi Saat Razia

 

Dalam Hal ini Tentunya Pemerintah Kabupaten Mesuji berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan yang berkeadilan hingga ke pelosok desa Oleh karena itu saya berharap, kegiatan Musrenbang ini mampu menjadi wadah memadupadankan program antar bidang dan arah kebijakan pemerintah, serta aspirasi dari bawah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan serta saya mohon dukungan dan partisipasi masyarakat dan seluruh stakeholder agar kegiatan Musrenbang ini hendaknya diikuti dengan sungguh-sungguh, bukan hanya menjadi kegiatan seremonial.

 

Saya berharap melalui kegiatan Musrenbang ini mampu menjaring aspirasi masyarakat pada tingkat kecamatan yang akan menentukan arah kebijakan Pemerintah kedepan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jelasnya

 

Di Akhir Sambutannya secara Vitrual Bupati Mesuji Menghimbau Kepada Seluruh Kepala Desa dan Camat Se Kabupaten Mesuji Agar Dapat Melaporkan korban Atau Kerusakan yang di Sebapkan Musibah Alam (Angin Puting Beliung) Yang Terjadi Kemerin Kepada Pemerintah Daerah guna di Lakukan pendataan dan dapat Segera Di tagani, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19. Tutup Bupati Mesuji.(Dmr)