Beranda Berita Indonesia Bupati Lampura Hadiri Acara Puncak Hari Otda Ke XXVI

Bupati Lampura Hadiri Acara Puncak Hari Otda Ke XXVI

83

Lampung Utara (Suaratrans.com) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) menggelar acara puncak peringatan Hari Otda ke-XXVI secara luring dan daring dari Kantor Pusat Kemendagri di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Adapun kegiatan ini, diikuti oleh Gubernur, Bupati, Wali kota, Forkopimda provinsi maupun kabupaten/kota se-Indonesia. Termasuk Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Budi Utomo bersama Forkopimda Lampura, mengikuti secara daring atau virtual di rumah dinasnya.

Pada peringatan Hari Otda tahun ini, Ditjen Otda Kemendagri mengambil tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Otda Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik, mengatakan bila kegiatan ini mengacu pada Keputusan Presiden no 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah. Pemerintah Daerah memperingati hari otonomi daerah setiap tahunnya pada tanggal 25 April.

Baca Juga:  Akibat Sistem Sensor Tiket Yang Lambat, Ribuan Penumpang Pejalan Kaki membludak di Pelabuhan Bakauheni

 

“Pada tahun 2022 ini, usia otonomi daerah kita sudah menginjak 26 tahun, usia yang cukup dewasa untuk terus memacu semangat berotonomi daerah,” kata Akmal.

Tujuan kegiatan ini, sambung Dia, adalah untuk mengingatkan kembali atas komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

 

Sementara itu, dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang diwakilkan oleh Suhajar Diantoro, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri mengatakan, bahwa secara filosofis tujuan diadakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, sebagian urusan pemerintahan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Baca Juga:  Nanang Ermanto: Saya Minta Para Camat Dapat Maksimalkan Waktu Yang Ada

 

“Pada kesempatan yang baik ini, izinkanlah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan kemampuan fiskalnya,” tutur Suhajar.

Dirinya juga berharap, bila peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka indeks pembangunan manusia, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas, serta akses infrastruktur yang baik.

 

Ditempat terpisah, usai mengikuti prosesi acara puncak peringatan Hari Otda secara virtual. Kepada sejumlah awak media Bupati Lampura mengatakan, bila kegiatan Hari Otda ini juga bertujuan yaitu untuk mendukung karakter ASN yang Proaktif dan Berakhlak, serta membangun sinergitas pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. (SW)