Beranda bandar lampung DPRD Lampung desak percepatan reforma agraria untuk tekan konflik pertanahan  

DPRD Lampung desak percepatan reforma agraria untuk tekan konflik pertanahan  

41

Bandarlampung,(Suaratrans.com) -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung mendesak percepatan penerapan reforma agraria di daerah itu untuk meminimalkan terjadinya konflik pertanahan.

 

“Di Lampung masih menyisakan persoalan yang terkait dengan konflik pertanahan,” ujar Ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay di Bandarlampung, Kamis.

 

Sehubungan itu, ia mengatakan, perlu dilakukan percepatan implementasi reforma agraria di Lampung.

 

“Ini harus dicari solusi agar dampak sosial, ekonomi, politik ini tidak terjadi. Jangan sampai akibat konflik pertanahan investasi terganggu sehingga ekonomi kita yang mau bertumbuh ini terhambat,” tambahnya.

Baca Juga:  Selasa, Nanang Dilantik Jadi Bupati Lampung Selatan Definitif

 

Dia mengatakan, percepatan reforma agraria dapat menjadi langkah yang mempercepat pembangunan di daerahnya.

 

“Penataan persoalan pertanahan seperti adanya pembebasan lahan, konflik antara masyarakat dengan lahan hutan lindung, atau perusahaan dengan masyarakat, harus diselesaikan satu per satu. Sebab ini mempengaruhi pembangunan daerah,” ucap dia.

 

Ia mengharapkan bila terjadi persoalan terkait pertanahan maka aparatur penegak hukum dan institusi terkait dapat mengedepankan pendekatan yang humanis.

Baca Juga:  Nanang Tepati Janjinya Perbaiki Jalan dan Drainase di Wayhui

 

“Harapannya di masa depan aparat penegak hukum dan institusi lainnya bisa mengedepankan pendekatan yang humanis. Dengan mengedukasi, mengedepankan mediasi sebagai resolusi konflik,” kata dia lagi.

 

Dia melanjutkan, dalam penyelesaian permasalahan pertanahan perlu dilakukan dengan adil tanpa membedakan kedudukan perseorangan atau kelompok berkepentingan.

 

“Dalam penyelesaiannya harus dilakukan dengan adil, tidak ada yang kebal hukum, serta silahkan berinvestasi di Lampung tapi tetap bergandengan tangan dengan masyarakat sekitar untuk kemajuan pembangunan,” ucapnya.