Beranda Daerah DPRD Tuba Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2020

DPRD Tuba Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2020

149

Tulangbawang (Suaratrans.Com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tulangbawang (DPRD Kab.Tuba) menggelar rapat paripurna agenda penyampaian rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati akhir tahun anggaran 2020. Acara digelar di lantai II gedung setempat, Selasa (13/04/2021).

Dalam agenda paripurna kali ini dari jumlah 40 anggota dewan yang ada, hanya 32 anggota dewan yang hadir dan tidak hadir 8 anggota dewan, dengan alasan 7 izin dan 1 berhalangan tetap (Meninggal). Dengan melihat total jumlah yang hadir pada paripurna ini maka dinyatakan memenuhi quorum.

Dalam sambutannya pimpinan paripurna Ali Hasan menyampaikan, dari seluruh rangkain pembangunan baik di tingkat internal pansus maupun bersama-sama dengan satuan kerja perangkat Daerah terkait isi laporan penanggung jawaban anggaran tahun 2020. Secara umum dapat disampaikan sepanjang tahun 2020 bupati Tuba telah melaksanakan dan menyelenggaraan urusan pemerintah daerah, ada pun rekomendasi khusus terhadap bupati adalah sebagai berikut.

Baca Juga:  Sebabkan Jalan Rusak, Ribuan Masyarakat Hadang Truk Pengangkut Pasir

“Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Bapeda, Inspektorat, Dinas Badan Pendapatan Daerah, Dinas Pegawaian, Pendidikan dan Pelatihan, Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pertanian, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemberdayaan Kampung dan Kelurahan, Dinas Capil, Dinas Koperasi dan UKM, BPKAD, Rumah Sakit Umum Daerah Menggala, Dinas Sosial, Dinas Perdagangan, Dinas Lingkungan Hidup. Sebagai contoh Dinas Pendidikan, pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan seiring dengan upaya meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan,” ujarnya.

Pada prinsipnya setelah pansus mengamati laporan yang disampaikan melalui LKPJ tahun anggaran 2020 dapat disimpulkan bahwa penyelenggara urusan wajib, urusan pilihan khususnya pelayanan publik terhadap OPD tersebut sudah berjalan baik. Hanya perlu ditingkatkan yaitu kedisiplinan ASN dan peningkatan kapasitas.

Disela-sela Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tuba Sopi’i yang diwakili oleh wakil ketua DPRD Ali Hasan menyampaikan, “rasa kehilangan yang mendalam atas berpulangnya putra terbaik Tuba Nirwansyah Habib, semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah swt,” ucapnya.

Baca Juga:  Kasus DBD Turun, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

Bupati Winarti mengatakan, Terima kasih atas kinerja keras DPRD Tuba ini menjadi sebuah prestasi tersendiri bagi setiap anggota dewan ditengah masa pandemi dalam mendukung 25 program Bergerak Melayani Warga (BMW), semoga kita bisa melewati bulan ramadhan yang penuh berkah di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pertanggungjawaban LKPJ yang kami serahkan kepada Holil merupakan hasil laporan semua program BMW di tahun 2021. Terakhir kita disuruh untuk menata ulang kembali anggaran (Recofusing) dampak dari pandemi covid-19, meski demikian visi misi pembangunan Kab.Tuba harus tetap berjalan walaupun ada pengecilan anggaran,” tutupnya.(ADV)