Beranda Daerah Forkopimda Lampung Selatan Ikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Secara Virtual

Forkopimda Lampung Selatan Ikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Secara Virtual

46

KALIANDA – Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, segenap anggota Forkopimda, dan Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih secara virtual, di aula rajabasa kantor bupati setempat, Rabu sore (17/8/2022).

Meskipun diikuti secara virtual, prosesi penurunan bendera tersebut tetap berlangsung secara khidmat dengan mengusung tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu sore itu, Presiden Joko Widodo kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan menggunakan busana formal.

Kali ini, Tim Pancasila Sakti yang bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang sebelumnya, Tim Pancasila Tangguh telah berhasil menjalankan tugasnya mengibarkan Bendera Merah Putih dalam upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Baca Juga:  DPRD Lampung Berharap Mako Lanal Baru Lebih Oprimal Jaga Perbatasan Laut NKRI

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang dibagi menjadi 2 tim yakni Pancasila Sakti dan Pancasila Tangguh tersebut terdiri dari 68 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Kelompok 17, Kelompok 8, dan Kelompok 45.

Berdasarkan Siaran Pers Sekretariat Presiden, Ayumi Putri Sasaki perwakilan Paskibraka Jawa Timur dipercaya sebagai pembawa Bendera Merah Putih pada Upacara Penurunan Bendera sore ini.

Sedangkan tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:  Tinjau Bandara Soetta H-1 Natal Kapolri Minta Pengawasan Ketat Masa Karantina PPI

Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten. Kemudian, Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Adapun, yang bertindak selaku Komandan Upacara ialah Kolonel Penerbang Agni Prayogo SE lahir di Jakarta pada tanggal 3 Agustus 1975. Lulusan Akademi Angkatan Udara Tahun 1998, saat ini menjabat sebagai Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sandjaja Bogor.

Sementara, bertindak sebagai perwira upacara sore ini adalah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya S.IP M.IP. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Pria kelahiran Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta. (Hy)