Beranda Berita Media Global Gelaran Touring Motor Listrik di Kota Metro, PLN dan Walikota Ajak Warga...

Gelaran Touring Motor Listrik di Kota Metro, PLN dan Walikota Ajak Warga Gunakan Kendaraan Bebas Emisi  

21

Metro, 28 Juli 2022,(Suaratrans.com) -PT PLN (Persero) menggelar Touring Motor Listrik di Kota Metro pada hari Kamis, 28 Juli 2022.

 

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Yuliandra Syahrial Nurdin mengatakan, pelaksanaan kegiatan touring motor listrik yang juga dirangkai dengan kegiatan sosialisasi kompor induksi di Kota Metro sejalan dengan program pemerintah yaitu Indonesia Hijau.

 

Yuliandra menuturkan, subsistem pembangkit di Lampung merupakan subsistem yang paling hijau, the greener system di Sumatera. Menurutnya, jika di hulu sudah hijau, diharapkan di hilir atau di sisi pemakaian pun sudah harus hijau.

 

“Penerapan Program Electrifying Lifestyle seperti penggunaan kendaraan listrik, baik roda dua atau roda empat dan penggunaan kompor induksi, menjadi salah satu solusi yang bisa ditawarkan kepada masyarakat, selain dapat menjadi lebih efisien juga ramah lingkungan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Manager UP3 PLN Kota Metro Gurit Bagaskoro menjelaskan, dalam kegiatan touring motor listrik di Kota Metro tersebut, PLN telah menyiapkan 28 unit motor. Selain itu, untuk lomba memasak yang menggunakan Kompor Induksi, Dia merinci bahwa pihaknya juga menyiapkan 7 unit kompor induksi.

Baca Juga:  Nanang Melihat Kondisi Jembatan Penghubung Antar Dusun Yang Putus di Desa Sukabanjar

 

“PT PLN (Persero) terus menggaungkan kendaraan listrik untuk mendukung penggunaan energi bersih dan mengurangi emisi karbon sebagai kendaraan ramah lingkungan. Di mana langkah tersebut bisa dijadikan solusi untuk mengurangi polusi udara di Kota Metro,” sambungnya.

 

Dijelaskannya, Program electrifying lifestyle merupakan dukungan PLN terhadap program pemerintah zero net emission carbon, dengan merubah pola dan gaya hidup masyarakat untuk menggunakan peralatan-peralatan yang ramah lingkungan.

 

Diantaranya, kompor yang masih menggunakan api menjadi kompor induksi atau kompor listrik. Lalu, konversi penggunaan kendaraan petrol atau berbahan bakar minyak menjadi motor listrik yang jauh lebih ramah lingkungan.

 

Momentum tersebut digunakan oleh Wali Kota Metro untuk berkeliling Kota Metro dengan mengendarai motor listrik sebagai kendaraan dengan energi bersih dan efisien.

 

saat ditemui usai touring motor listrik bersama PLN UP3 Kota Metro, Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, pengoperasian kendaraan motor listrik tersebut cukup simpel, sangat efisien, dan juga ekonomis.

Baca Juga:  Ciptakan Hubungan Industrial Yang Harmonis, Bupati Mesuji Buka Rapat Konsolidasi Lembaga Kerjasama Tripartit

 

“Tentu ketika kita menggunakan teknologi listrik itu sesuai dengan poin 7 dari Sustainable Development Goals. Yaitu energi bersih dan terjangkau. Termasuk pengurangan emisi dari kendaraan,” tandasnya.

 

Kendati demikian, Dia mengatakan, pemakaian motor listrik yang efisien di lingkungan pemerintahan Kota Metro akan didiskusikan terlebih dahulu.

 

“Ya dimulainya dari pemerintahan. Nanti kita akan duduk bersama, membicarakan ini. Saya rasa ini baik sekali ya,” ucapnya.

 

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kota Metro, Ahmad Khusaini mengapresiasi atas kegiatan touring motor listrik yang dilakukan PLN. Dia menilai, hal itu merupakan terobosan yang luar biasa dan solusi dalam mengatasi polusi di Kota Metro.

 

“Efektif dan efisien menjadi salah satu terobosan, pengunaannya mudah, secara kecepatan juga relatif seperti kendaraan umum, nanti kita harus membiasakan,” tutupnya (rls/Dwi).