Berita Media Globalberita terkiniDaerahLampungtulang bawang

HUT PERSAJA Ke 72 Tahun, Kajari : Sinergi dan Kolaborasi Untuk Kemajuan Negeri

Tulangbawang (SuaraTrans.Com) – Kejaksaan Negeri Kabupaten Tulangbawang (Kejari Tuba) Lampung menggelar upacara peringatan HUT Ke-72 Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) di Halaman Kantor Kejari Tuba, Senin (8/5/2023) pada pukul 08.00 WIB.

 

Dengan mengusung tema Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan Negeri, Kegiatan upacara HUT itu dipimpin lansung Kepala Kejari Devi Freddy Muskitta diikuti para Kasubagbin Fuad Alfano Adi Chandra, Kasi Pidum Gusmiliyansya, Kasi Datun

Nurhayati.

 

Baca Juga:  Bupati Lampung Selatan Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung

Selain itu, Kasi Intelijen

Rachmat Djati Waluya, Kasi Pidsus Ali Habib, Kasi PB3R, R.E.F Aristomy Siahan maupun

Kasubsi, Kaur, Jaksa Fungsional, Pegawai dan Honor.

 

Kepala Kejari Devi Freddy Muskitta didampingi Kasi Intelijen

Rachmat Djati Waluya mengatakan, peringatan HUT PERSAJA Ke-72 tahun 2023 bentuk pengabdian Jaksa sebagai aparat penegak hukum, khususnya selaku Penuntut Umum, jauh melampaui usia organisasi Jaksa itu sendiri.

 

Merujuk kata Adhyaksa dari Bahasa Sansekerta pada era Kerajaan Majapahit yang berarti Pengawas (opzichter) atau Hakim Tertinggi, pada masa pemerintahan Hindia Belanda dikenal Procureur General atau jabatan Jaksa Agung, hingga pada masa kemerdekaan.

 

“Bahkan magistraat yang pada masa HIR berfungsi sebagai Openbaar Ministerie diganti dengan kata Jaksa yang melakukan tugas penuntutan perkara pidana pada Pengadilan Negeri,” jelas Devi.

Baca Juga:  Tindaklanjuti Hasil Sidak Bupati, Dishub Lamsel Gelar Operasi Kendaraan Odol di Jati Agung

 

Ia menyebutkan lagi, profesi Jaksa terus mengalami berbagai perkembangan dan dinamika seiring perjalanan waktu, sehingga menyadari pentingnya mengkonsolidasikan tugas–tugas Jaksa dalam melaksanakan profesinya yang senantiasa terus meningkat dengan dimensi permasalahan yang semakin luas dan kompleks.

 

“Termasuk untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak dan kepentingan para Jaksa dalam menjalankan profesi sebagai penegak hukum, dalam memperingati HUT PERSAJA itu diharapkan para Jaksa seluruh Indonesia mampu mengimplementasikan Tri Krama Adhyaksa dan Aturan lain yang berlaku,” paparnya.

 

Setelah melaksanakan upacara HUT Ke-72 PERSAJA dilanjutkan

pemotongan Nasi Tumpeng oleh Kajari dan seluruh Jaksa serta

pemberian Sembako.(Red).

Artikel Terkait

Back to top button