Beranda Nasional Jalan Nasional Perbatasan Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji Sampai Perbatasan Sumatera Selatan Rusak...

Jalan Nasional Perbatasan Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji Sampai Perbatasan Sumatera Selatan Rusak Berat

770

SUARATRANS.COM, MESUJI – 30 kilometer (KM) jalan Nasional yang ada di ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di wilayah perbatasan Kabupaten Tulangbawang, Mesuji dan Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) rusak berat.

Kerusakan jalan nasional itu sudah lama tidak diperbaiki, sehingga kini kondisinya semakin parah dan sulit dilalui kendaraan.

Pantauan media yang meliwati kawasan di Jalintim Sumatera Tulangbawang, Mesuji Perbatasan Sumatera Selatan, Senin (18/2/2019), kerusakan beberapa ruas jalan ada yang mencapai panjang hingga 55 meter dengan lebar sepuluh meter.

Sebagian badan jalan sudah tidak memiliki aspal, berlobang hingga kedalamam setengah meter dan lebar enam meter serta berubah menjadi kubangan.

Salah satu kerusakan yang paling parah, pada ruas Jalintim Sumatera tersebut terdapat di Desa Buruk Agung Kabupaten Tulang bawang, dan Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

Bahkan, kerusakan parah ruas Jalintim Bujuk Agung itu sulit dilewati kendaraan. Dalam kerusakan jalan tersebut sering membuat arus lalu lintas nyaris lumpuh terutama ketika hujan turun.

Kedalaman lobang di badan jalan yang mencapai kedalaman setengah meter serta genangan air yang cukup dalam membuat kendaraan roda empat dan dua sulit melintas dari kedua arah.

Baca Juga:  PWI Minta Wartawan Tidak Meliput Sebelum Memenuhi Protokol Kesehatan

Lokasi lain kerusakan Jalintim Simpang Asahan terdapat di persimpangan Desa Asahan. Sebagian besar ruas Jalintim Sumatera di simpang Asahan rusak berat karena aspalnya juga banyak terkelupas. Kerusakan jalan tersebut juga menimbulkan macet dan kerawanan kecelakaan lalu lintas.

Sementara, kerusakan Jalintim Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung itu terdapat di beberapa lokasi, yaitu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji dan Moro Moro register 45 Mesuji Lampung.

Sutimin (40), seorang pengemudi mobil Fuso Jakarta – Palembang mengatakan, kerusakan Jalintim Sumatera Mesuji Lampung – Palembang, Sumatera Selatan, khususnya di wilayah Mesuji Provinsi Lampung. Jarang sekali adanya perbaikan jalan dilakukan.

Sementara kendaraan berat atau truk Fuso Besar dan tangki yang melintasi ruas Jalintim Sumatera tersebut selalu padat. Akibatnya kerusakan jalan semakin parah, terutama musim hujan seperti ini.

“Sudah lama tidak ada perbaikan kerusakan Jalintim Sumatera di perbatasan Mesuji Lampung – Sumsel ini. Perbaikan terakhir dilakukan dengan tambal sulam hanya menjelang Lebaran saja.” Katanya.

Baca Juga:  Dalam Rangka HUT Kabupaten Lampung Selatan, Plt. Bupati Lampung Selatan Potong Tumpeng

Begitu juga Rudi (35) warga Jakarta, Kerusakan parah ruas Jalintim Sumatera di Di Kabupaten Tulang bawang dan Kabupaten Mesuji sudah terjadi hampir Tujuh bulan terakhir.

Untuk perbaikan jalan tersebut belum pernah dilakukan sampai saat ini. Akibatnya kerusakan jalan sangat parah.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, kalau ruas Jalintim Sumatera yang rusak di Mesuji tersebut, sebenarnya sudah tidak layak dilalui kendaraan.

Dikarenakan lubang di jalan sudah ada yang lebih dari setengah meter. Dan badan jalan juga tidak lagi memiliki aspal. Ketika hujan seperti sekarang ini, jalan rusak berubah menjadi kolam dan kubangan.

“Para pengemudi banyak yang tidak berani melintas dari tengah jalan yang tergenang. Mereka pun terpaksa mencuri jalan dengan melintas dari pinggir jalan dengan melawan arus. Jalan rusak ini juga sering menyebabkan arus lalu lintas lumpuh,” katanya. (AGUS)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here