Beranda Ekonomi Kabupaten Malang Menjadi Perbandingan 112 Kepala Kampung Dari Kabupaten Way Kanan

Kabupaten Malang Menjadi Perbandingan 112 Kepala Kampung Dari Kabupaten Way Kanan

260
Foto: istimewa

Suaratrans.com, WAY KANAN – 112 Kepala Kampung Kabupaten Way Kanan yang tergabung dalam APDESI lakukan Study Banding di Desa  Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (04/07/2019)

Diketahui Desa Pujon Kidul adalah salah satu Desa yang sukses mengelola Bumdes, terbukti Desa yang ada di  Kabupaten Malang ini mampu meraih Omset 1,5 milyar pertahun dari dari hasil Bumdes.

Selama perjalanan, rombongan Study Banding saat memasuki desa Pujon Kidul sangat terkagum-kagum para rombongan melewati jalanan khas pegunungan yang berliku dan memiliki pemandangan alam yang indah. Tidak hanya itu memasuki area Pujon harus melalui area perkampungan dan Sesekali terlihat aktivitas para petani yang ada di wilayah tersebut, hamparan pertanian yang subur dan ditumbuhi berbagai macam tanaman holtikultura, menambah kekaguman rombongan 112 Kepala Kampung yang melakukan Study Banding ke Desa Pujon Kidul.

Baca Juga:  Polres Mesuji Santuni Orang Jompo dan Orang Tidak Mampu

Saat diterima di Aula Kantor desa Pujon Kidul oleh kepala desa setempat, banyak hal yang didapatkan oleh peserta study banding mulai dari cara pengelolaan keuangan desa sampai cara pengembangan BUMDesa.

Ketua Apdesi Way Kanan Hepan Suwita menyampaikan Kami sangat senang dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Pujon Kidul yang sudah mau menerima dan memberikan ilmu kepada kami.

yang menarik dari desa Pujon Kidul adalah pengelolaan Bumdesa yang sangat bagus, dengan mengelola beberapa unit usaha Bumdesa Pujon Kidul memilik omset sampai 1,5 Milyar pertahun.

Baca Juga:  LSM Pijar Keadilan Lampung Timur, Siap Mengawasi Dana APBN dan APBD

“ditahun 2018 Bumdesa Mekar sari mampu memberikan PADes sampai 1 Milyar kepada desa Pujon Kidul”. tegas Udi Hartono Kepala Desa Pujon Kidul saat memberikan penjelasan kepada peserta Study banding.

Selain itu motivasi yang diberikan oleh Kepala desa Pujon Kidul kepada Para kepala Kampung yang berasal dari Way kanan menumbuhkan semangat membangun desa. dia menceritakan bagaimana desa Pujon Kidul 6-7 tahun yang lalu masih termasuk desa tertinggal namun kini sudah mulai dikenal secara nasional berkat kegigihan Pemerintah Desa dalam membangun terutama dibidang pariwisata.

Ada puluhan prestasi yang sudah diraih desa tersebut baik ditingkat Nasional dan bahkan Internasional, ini dibuktikan dengan masuknya Kepala Desa Pujon Kidul sebagai TIM Pengembangan Desa Wisata di Kementrian Pariwisata RI. (YULIANTO/MS)