Beranda Daerah Kunjungi Polda Lampung, Ketua KPK RI: Polda dan KPK Harus Bersinergi Berantas...

Kunjungi Polda Lampung, Ketua KPK RI: Polda dan KPK Harus Bersinergi Berantas Korupsi

212

Bandar Lampung (Suaratrans.com) – Kapolda Lampung, Irjen Pol. Purwadi Arianto bersama Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Sudarsono, sambut kedatangan Ketua KPK RI Komjen Pol. Firli Bahuri.

Kedatangan Firli beserta rombongan tereebut, dalam rangka kunjungan kerja dan audiensi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Polda Lampung, Jumat (07/08/2020).

Ketua KPK RI Komjen Pol. Firli Bahuri, mengucapkan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan oleh jajaran Polda Lampung.

“Polri khusunya Polda Lampung dapat bersinergi bersama KPK dalam melakukan pemberantasan Korupsi di Wilayah Hukum Polda Lampung dengan menggunakan tiga strategi pendekatan dalam pemberantasan korupsi,” katanya.

Strategi pertama, yaitu pendekatan pendidikan masyarakat untuk membentuk mindset segenap eksponen bangsa (individu) agar terbebas dari perilaku koruptif. Kedua, pendekatan pencegahan dengan cara perbaikan, penguatan hingga membangun sistem.

Baca Juga:  Polda Lampung Ikuti Upacara Virtual dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76  

“Ketiga, pendekatan penindakan, dengan penegakan hukum yang tegas dan efektif, dapat menimbulkan kesadaran untuk taat, patuh pada hukum,” lanjutnya.

Dirinya juga berharap, anggota Polda Lampung semakin baik lagi dan mengajak semua pihak bersama-sama memberantas tindak pidana korupsi dan juga mengingatkan, agar tidak ada penyimpangan penggunaan dana penangulangan Covid-19.

“Tindakan korupsi yang dilakukan dalam suasana bencana seperti Pandemi Covid-19, maka ancaman hukumannya adalah pidana mati. Karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” pungkasnya.

Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua KPK RI dan rombongan yang sudah datang ke Polda Lampung.

Baca Juga:  Lakukan Strategi Memutus Penyebaran Covid-19, Polda Lampung Akan Memfilter Pendatang Dari Pulau Jawa

“Berharap Polda Lampung dapat bersama dengan KPK dalam penguatan perkara tindak pidana korupsi yang berada di Wilayah Hukum Polda Lampung,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa Polda Lampung sampai saat ini dalam hasil pemeriksaan laporan keuangan mendapatkan predikat Wajat Tanpa Pengecualian (WTP) dan berhasil membangun zona integritas dengan hasil Wilayah Bebas Korupsi (WBK), ujar Komjen Pol Firli.

Selain itu , khsusunya Polda Lampung selama 2018-2019 berhasil menyelesaikan 27 perkara tindak pidana korupsi. Komjen Pol Firli juga menyampaikan bahwa KPK memberikan peluang bantuan kepada Polda Lampung untuk kepentingan ahli didalam penanganan tindak pidana korupsi. (HNY)