Beranda Daerah Lamsel Raih Penghargaan Tertinggi Tentang Realisasi Anggaran Belanja Daerah

Lamsel Raih Penghargaan Tertinggi Tentang Realisasi Anggaran Belanja Daerah

57

LAMSEL – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, raih perhargaan sebagai Kabupaten dengan realisasi anggaran belanja daerah tertinggi se-Indonesia, dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Menurut informasi, Kabupaten Lampung Selatan menjadi satu satunya daerah yang mendapat penghargaan realiasasi enggaran belanja daerah pada tahun anggaran 2021, di provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut rencananya bakal diberikan langsung oleh Mendagri RI kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Jakarta, pada 2 Juni 2022, mendatang.

Dilansir dari lampungselatankab.go.id, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamsel Drs. Wahidin Amin menyampaikan, bahwa keberhasilan capaian realisasi anggaran ini diungkapkan oleh Tito Karnavian, pada rapat koordinasi yang berlangsung di Mahan Agung, Bandarlampung, pada tanggal 5 Januari 2022 lalu.

Baca Juga:  Wujudkan Pemenuhan 31 Hak Anak, Bunda Winarni Pinta Seluruh Stakeholder Terkait Tingkatkan Inovasi

“Informasi kita dapatkan dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), pada saat itu sedang acara di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Lampung, pada awal-awal tahun yang lalu bahwa Lampung Selatan termasuk yang tertinggi se-Indonesia, realisasi belanjanya,” ungkapnya saat dihubungi via telepon, Selasa (31/5/2022).

Pria yang akrab disapa Wahid ini pun menyebut, realisasi belanja daerah Pemkab Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021 mencapai 85,90 persen. Keberhasilan ini, lanjutnya, tidak terlepas dari peran Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang terus mendorong jajarannya agar melakukan serapan anggaran lebih awal.

Baca Juga:  Pemkab Lamsel Gelar Sosialisasi Penetapan dan Penegasan Batas Desa/Kelurahan

“Pak Bupati selalu mengarahkan supaya masing-masing perangkat daerah itu tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan diujung tahun. Jadi, memang arahan pak Bupati, terutama kawan-kawan OPD yang memiliki kegiatan-kegiatan belanja fisik itu bisa dilakukan proses lelang setelah APBD disahkan oleh DPRD,” jelasnya.

Diketahui, penghargaan itu diberikan berkenaan dengan pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah serta peningkatan kualitas belanja daerah, dengan tema percepatan realisasi APBD dan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri, yang bakal berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. (Red)