Beranda Daerah Lampung Lomba Memasak, Tim PKK Lampung Selatan Mendapatkan Juara Dua

Lomba Memasak, Tim PKK Lampung Selatan Mendapatkan Juara Dua

288

LAMPUNG SELATAN (suaratrans) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan memperoleh juara 2, dalam lomba masak olahan makanan berbahan dasar pisang, dan lomba olahan pindang berbahan dasar ikan. Lomba masak yang diselenggarakan oleh Event Organizer Lampung Fair 2018 ini, di ikuti oleh 15 Kabupaten/Kota se-Propinsi Lampung. Lomba yang terbagi dalam dua tahap tersebut, diselenggarakan di Gedung Hall A yang terletak di area Lampung Fair 2018. Lomba tahap pertama berupa lomba membuat makanan keu berbahan dasar serba pisang dilaksanakan pada Rabu, 17 Oktober 2018.

Sedangkan lomba masak berbahan dasar ikan diselenggarakan pada hari ini, Sabtu, 20 Oktober 2018. Dalam lomba olahan makanan (kue) berbahan dasar pisang, Tim Penggerak PKK yang diwakili Pokja 3 (tiga) yang membidangi masalah pangan, sandang, papan dan tatalaksana rumah tangga tersebut, memilih pisang tanduk dan kepok. Anggota Pokja tiga, Hi. Retno Sri Darwati mendampingi ketua Pokja tiga, Rini Ariasih menuturkan, dalam pembuatan kue berbahan dasar serba pisang, lebih memilih pisang Kepok dan pisang tanduk. Pisang kepok memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat sesuai untuk membuat kue lapis.

Sedangkan pisang tanduk sangat cocok untuk membuat Crapes karna memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan tidak terlalu manis.
“Kami membuat kue Crapes di isi daging dan sayuran,” kata Retno, sabtu (20/10/2018).
Sedangkan untuk olahan masakan ikan, Pokja tiga Tim PKK kabupaten Lampung Selatan membuat pindang Ikan Kakap, Rolade Ikan Tenggiri, Pepes dan Tempura Ikan Kerapu.
“Bahan dasarnya baik pisang maupun ikan tidak ditentukan oleh panitia lomba, ini ide spontan saja, ada bahannya, langsung kita buat dan kita tidak menggunakan zat pewarna maupun pengembang. Alhamdulillah, kita bisa juara 2,” kata Retno menjelaskan.
Sedangkan untuk juara 1 diraih oleh Kabupaten Lampung Timur,  dan juara 3 adalah Kabupaten Pesisir Barat. (KDS/RED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here