Beranda Daerah Lampung Lonjakan Penumpang Dari Sumatera Ke Jawa Mencapai 19 Persen

Lonjakan Penumpang Dari Sumatera Ke Jawa Mencapai 19 Persen

281
Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi saat memberikan keerangan kepada awak media di ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (27/12/2019).|Foto: suaratrans/wandi

Suaratrans, LAMPUNG SELATAN – Lonjakan Penumpang diprediksi pada libur panjang Hari Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru Tahun 2020, akan terjadi pada Senin (30/12/2019) dan Jumat (3/01/2020).

Direktur Utama (Dirut) PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, dibandingkan dengan tahun lalu, untuk tahun ini ada kenaikan lonjakan penumpang.yang menarik, sejak natal dan tahun baru ada pola yang berubah.

Karena selama ASDP beroperasi, lonjakan terjadi kebanyakan dari pulau jawa lebih tinggi, dari pada pulau sumatera. Akan tetapi, sejak lebaran dan natal tahun 2019, terlihat bergeser. Karena lonjakan yang terjadi pada puncaknya dari pulau Sumatera ke pulau Jawa.

Baca Juga:  Bulan Depan Mulai Dibangun, PT. Tatalogam Kenalkan Huntap Domus

“Untuk tahun ini, setelah menjelang natal, kita melihat ada peningkatan penumpang dari pulau jawa ke sumatera sekitar 10 persen, kalau dari sumatera kepulau jawa mengalami kenaikan sekitar 19 persen,” kata Ira saat meninjau loket pejalan kaki di pelabuhan PT ASDP Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (27/12/2019).

Lebih lanjut Ira mengatakan, dirinya mengambil kesimpulan bahwa efek dengan adanya jalan tol, meningkatkan minat masyarakat pulau sumatera untuk ke pulau jawa dan bali.

“Karena saat risset dengan pengguna jasa dari palembang ke bakauheni hanya memakan waktu kurang lebih tiga setengah sampai empat jam. Padahal dulu sebelum adanya jalan tol bisa memakan waktu sepuluh sampai dua belas jam. Saya kira itu merupakan suatu fenomena yang positif dimana mobilitas orang jauh lebih mudah.” Katanya.

Baca Juga:  Kopda Suwito Babinsa Koramil 426-02/Menggala, Dengarkan keluhan Petani

Untuk mengntisipasi lonjakan penumpang yang akan mengunakan jasa penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), pihak ASDP sudah mempersiapkan beberapa hal, terutama operasional ketertipan jalur, seperti jalur online dan jalur motor, baik yang menuju dermaga eksekutif ataupun yang regular.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pengguna jasa karena sudah tertip dalam melakukan pengantrian, karena dimana-mana saat memasuki liburan yang namanya antri pasti ada,” tutupnya. (WANDI)