Beranda Berita Media Global Pakai Baju Adat Saat Upacara Virtual, Prokopim Mesuji Dengarkan Amanat Pancasila...

Pakai Baju Adat Saat Upacara Virtual, Prokopim Mesuji Dengarkan Amanat Pancasila Yang Di Sampaikan Presiden RI

140

Mesuji Lampung,(Suaratrans.com) – Upacara peringatan hari lahir Pancasila di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji digelar secara virtual, Selasa (01/06/2021) di kantor Bupati Mesuji, Wiralaga Mulya.

Tampak Bupati Mesuji Saply TH mengenakan pakaian adat Lampung, diikuti oleh jajaran forkopimda dan Pemkab Mesuji.

Upacara menerapkan protokol kesehatan ketat karena situasi pandemi Covid-19. Para peserta mengenakan masker dan menjaga jarak.

Upacara peringatan tingkat nasional digelar di halaman Gedung Pancasila, Jakarta. Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual melalui Istana Kepresidenan Bogor dengan mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga:  Puji Sukanto: Total Sudah 297 Peserta yang Tidak Hadir Mengikuti SKD.

Dalam amanat upacara yang disampaikan, Jokowi berpesan tentang pentingnya mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan,” ucap Jokowi.

Ia mengatakan globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Justru, Jokowi mengingatkan yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antarideologi.

Baca Juga:  Kapasitas Ruang Isolasi di Lamsel Penuh

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” kata Jokowi.(DMR/Rls)