Berita Media Globalberita terkiniDaerahLampungTanggamus

Pasca Bencana Alam di Kabupaten Tanggamus, 10 Kecamatan Terdampak

Laporan : Suryadi

Tanggamus,(Suaratrans.com) -Pasca bencana alam yang menimpa dibeberapa wilayah Kabupaten Tanggamus beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyatakan ada 10 kecamatan terdampak bencana alam tersebut.

Pernyataan Pemkab Tanggamus itu, disampaikan langsung oleh Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat diwawancarai awak media di Kantor Sekretariat Bupati, Pekon Kampung Baru Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (30/5/2024).

Artikel Terkait

 

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengatakan, 10 kecamatan yang terdampak bencana alam tersebut yakni, Kecamatan Ulu Belu, Talang Padang, Pulau Panggung, Gunung Alip, dan Air Naningan, Kecamatan Kota Agung Timur, Kota Agung Barat, Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, dan Semaka.

 

“Terparah, Kecamatan Talang Padang, dimana terdapat ratusan rumah yang terdampak bencana banjir. Total terdapat 416 rumah milik warga yang terdampak,” kata Mulyadi Irsan.

Baca Juga:  PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Penanaman Vegetasi Pantai

 

Diungkapkan Mulyadi Irsan, dari ratusan rumah yang terdampak, terdapat beberapa kerusakan yang dialami oleh rumah masyarakat. Mulai dari kerusakan ringan, sedang, hingga kerusakan berat.

 

“Titik yang mengalami kerusakan berat berada di Pekon Sinar Semendo, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus. Dimana akibat banjir ada satu rumah yang mengalami kebakaran akibat korsleting listrik,” ungkapnya.

 

Selain di Kecamatan Talang Padang, lanjut Mulyadi Irsan, wilayah yang cukup parah terdampar bencana alam yaitu di Kecamatan Ulu Belu. Kurang lebih terdapat 13 titik tanah longsor pada Jumat lalu.

 

“Pemerintah telah menurunkan Tujuh alat berat dari BPBD Tanggamus BPBD Provinsi Lampung dan PGE Ulu Belu. Alat berat itu juga berguna untuk membersihkan 13 titik ruas jalan yang tertutup material longsor pada Jumat kemarin. Semua telah kita sikapi agar situasi itu bisa kita kendalikan, sehingga hari Rabu kemarin itu sudah kembali di buka jalannya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Kejari Tuba Menerima Uang Pemulangan Pengganti Kerugian Negara 2.8 Miliar

 

Dijelaskan Mulyadi Irsan, selain menurunkan alat berat, pihaknya juga telah menginvetalisir kondisi di wilayah terdampak banjir tersebut. Mengecek dapur umum dan penyediaan pos kesehatan.

 

“Tak hanya itu, dirinya juga memerintahkan Dinas Sosial (Dinsos) Tanggamus untuk langsung memberikan bantuan kepada korban bencana alam,” kelasnya.

 

Lebih lanjut Pj Bupati Mulyadi Irsan juga menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan BNPB dan BPBD Provinsi Lampung. Sehingga kedua instansi tersebut akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

 

“Rencana bantuan itu akan diserahkan pada, Jumat (31/5/2024). Tak hanya itu Komisi 8 DPR RI juga akan turun langsung untuk memberikan bantuan kepada korban bencana alam tersebut.(Koko)

Artikel Terkait

Back to top button