Beranda Ekonomi Pemkab Mesuji Rehab Kanal Yang Dangkal di Dua Desa

Pemkab Mesuji Rehab Kanal Yang Dangkal di Dua Desa

403
Kanal yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, di bersihkan, Senin (24/6/2019).|Foto: Heri Gery/suaratrans.com

Suaratrans.com, MESUJI – Sepanjang 4 kilometer kanal yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, di bersihkan.

Penggalian atau cuci kanal dilakukan, karena kanal tersebut mengalami kedangkalan (Surut), sehingga menghambat pengaliran air persawahan di dua desa tersebut yaitu,Desa Pangkal Mas Mulya dan Desa Pangkal Mas Jaya, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Baca Juga:  505 Warga Kecamatan Bumi Agung Terima Bantuan KKS

Saat di konfirmasi oleh suaratrans.com, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sawud mengatakan, pencucian kanal tersebut dikarenakan saluran debit air yang mengaliri ke dua desa tersebut sudah mulai dangkal, sehingga dilakukan pencucian kanal, dengan menggunakan alat berat bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Mesuji.

“Agar debit air dapat berfungsi kembali dan bisa dimanfaatkan oleh para petani sekitar, dan untuk mengaliri lahan persawahan untuk bercocok tanam,” katanya, Senin (24/6/2019).

Baca Juga:  Bidkum Polda Lampung Beri Penyuluhan Hukum Kepada Personel Polres Mesuji

Sawud juga berpesan kepada para petani di dua desa yakni, Desa Pangkal Mas dan Desa Pangkal Mas Jaya, agar selalu menjaga kanal dari kebersihan, dan tidak membuang sampah dikanal, supaya kanal selalu bersih.

“Mari kita jaga bersama-sama, kanal yang sudah di rehab ini,” katanya. (GERY/KOWOR)