Beranda Berita Media Global Peringati Hari Ikan Nasional ke-8, Bupati Mesuji Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan 

Peringati Hari Ikan Nasional ke-8, Bupati Mesuji Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan 

50

Mesuji Lampung,(Suaratrans.com) – Pemerintah Kabupaten Mesuji Memperingati Hari Ikan Nasional ke 8 tahun 2021, Kegiatan Yang di Laksanakan Di SD 1 Mesuji Ini di Hadiri langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji,Ketua Forikan Kabupaten Mesuji,Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Ketua Forikan kabupaten Mesuji,Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, beserta Staf di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji.

 

Bupati Mesuji Mengawali sambutannya Menyampaikan’ saya Bangga dapat hadir bersama di SD Negeri 1 Mesuji, Kecamatan Mesuji ini dalam rangka memperingati “Hari Ikan Nasional ke 8 Tahun 2021” dilaksanakan sekaligus memperingati hari ikan nasional (harkannas) ke-8 tahun 2021 dan Masih dalam Rangka Perayaan HUT Kabupaten Mesuji Ke 13.

 

Ia Menambahkan’ kegiatan ini dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat mesuji yang mengkonsumsi ikan, dengan demikian akan berkontribusi positif bagi petani ikan/nelayan, apalagi jika gerakan itu diimbangi dengan peningkatan program pemberdayaan dan perlindungan kepada petani ikan/nelayan.

 

‘ pembangunan perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan kehidupan dan kesejahteraan nelayan pembudidaya dan pengolah ikan sebagai bagian dari upaya mensukseskan program nasional yaitu mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja dan berusaha, meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

 

ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia utamanya untuk perkembangan sel-sel otak yang dimulai saat janin, balita sampai usia dewasa karena ikan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan berbagai mineral.

Baca Juga:  Kunjungan Bung Tam, Menjadi Inovasi Baru Bagi Pengrajin Tapis di Pringsewu

 

Tersedianya sumber daya manusia berdaya saing menjadi salah satu bagian yang penting untuk Kecerdasan, kesehatan, dan keterampilan merupakan tiga indikator utama yang digunakan untuk mengukur sumber daya manusia yang berdaya saing.

 

Terbangunnya kecerdasan dan kesehatan, serta keterampilan itu tentunya sangat berkaitan dengan asupan gizi yang diterima oleh tubuh manusia sejak dalam kandungan.

 

Untuk itu, diperlukan peran serta kita bersama dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan guna pemenuhan gizi serta Perbaikan gizi melalui konsumsi ikan akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia dan sekaligus peningkatan ekonomi para pihak yang terlibat, terlebih wilayah Kabupaten Mesuji yang dianugerahi sumber daya alam sungai memiliki potensi hasil perikanan yang tinggi. Kata Bupati Mesuji

 

Melalui Peringatan Hari Ikan Nasional Ke 8 ini,saya Mengajak mari kita tingkatkan konsumsi ikan mulai dari keluarga, mengingat manfaat ikan yang memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan, dan pertumbuhan.

 

Saya Berharap Semoga melalui kegiatan yang kita laksanakan hari ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Mesuji Bumi Ragab Begawe Caram sebagai bagian dari upaya menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.Pungkas Bupati Mesuji.

Baca Juga:  PLN Pastikan Kecukupan Pasokan Listrik Untuk Masyarakat

 

Di Tempat Yang Sama Hal Senada Juga Di Katakan Ketua Forikan Mesuji H.Nelly Wati Saply Menurutnya ‘ Tingkat konsumsi makan ikan yang rendah dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan .

 

Oleh sebab itu, gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Program gemarikan dapat memberikan efek positif terhadap industrinya, maupun pelaku perikanan di segala tingkatan terutama bagi para nelayan dan pembudidaya dalam mencapai kesejahteraan. Menurut sumber data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung tingkat konsumsi ikan provinsi lampung mencapai 34,77 kg/kapita/tahun, dan untuk konsumsi ikan kabupaten mesuji mencapai 33,10 kg/kapita/tahun. Target konsumsi ikan indonesia saat ini adalah 60 kg/kapita/tahun.

 

Dengan target konsumsi ikan 60 kg/kapita/tahun, artinya, setiap orang minimal mengkonsumsi ikan sebanyak 5 kg/bulan  Untuk itu saya menghimbau agar setiap ibu sebagai motor dalam keluarga dapat mengupayakan konsumsi ikan di keluarganya minimal 5 kg dikali jumlah anggota keluarga Untuk setiap bulannya. Tutup Ketua Forikan Mesuji.(yosi/sp)