Beranda Daerah Lampung Peringati Hari Pangan Sedunia Ke 41, Bunda Winarni Hadiri Lomba Cipta Menu...

Peringati Hari Pangan Sedunia Ke 41, Bunda Winarni Hadiri Lomba Cipta Menu B2SA

61

BANDAR LAMPUNG – Peringati Hari Pangan Sedunia Ke-41 Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri acara Lomba Cipta Menu B2SA Tahun 2021, Selasa (26/10/2021) di Kebun PKK Agropark Lampung

Cipta Lomba Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung.

Selain Lomba Cipta Menu, diselenggarakan juga Bazar UMKM Se Provinsi Lampung.

Lomba Cipta Menu dan Bazar ini di ikuti oleh TP PKK dan UMKM semua Kabupaten se Provinsi Lampung.

Kegiatan ini dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Lampung yang diwakilkan oleh Mami Yani Fahrizal yang juga sebagai Wakil Ketua 1 TP PKK Provinsi Lampung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Prov Lampung Bapak Kusnardi dan ketua TP PKK seluruh Kabupaten se Provinsi Lampung.

Ir. Ida Rahmawati Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Provinsi Lampung yang juga selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memunculkan Keratifitas masyarakat dalam mengolah bahan pangan selain beras, menciptakan menu keluarga yang beragam, menggerakkan ekonomi masayarakat guna menciptakan masyarakat aktif produktif, meningkatkan ekonomi dari olahan pangan dari masing – masing UMKM agar bisa lebih mandiri.

Baca Juga:  Kunjungi desa Margo Makmur Dan Margo Rahayu Pj Bupati Mesuji Bagikan Langsung BLT-DD   

Makanan yang dilombakan merupakan menu makan untuk 1 keluarga terdiri dari menu Anak dan Dewasa.

Setibanya di Lokasi Lomba, Ibu Hj. Winarni Nanang Ermanto langsung mengunjungi Stand Lomba dan Stand Bazar UMKM milik Kabupaten Lampung Selatan.

Ir. Kusnardi dalam sambutannya menyampaikan bahan pangan tidak hanya nasi, namun bisa diganti dengan bahan pangan karbohidrat yang lain.

Terkait Stunting kusnadi menyampaikan, kasus Stunting bukan hanya segi ketidakmampuan ekonomi, namun minimnya pengetahuan tentang makanan bergizi dan seimbang.

“Mesikpun makanan sehat bergizi seimbang dan aman, namun jangan lupa tampilan juga dikembangkan agar menarik dikonsumsi oleh anak – anak,” Kata Kusnadi.

Dalam Sambutan Ibu Arinal yang diwakilkan mami Yani Fahrizal menyampaikan,
Lampung sebagai sentra padi dan jagung, harusnya mampu mengolah pangan utama non beras. Berupa ubi kayu, singkong, talas, pisang. Dapat diolah menjadi makanan yang bergizi dan seimbang.

Menurutnya penyebab kasus Stunting yang terjadi saat ini adalah akibat dari kurangnya asupan Gizi mulai dari masa kandungan.

Untuk mengatasi ini, saya menghimbau hasil dari lomba hari ini dapat di sosialisasikan ke pada masyarakat untuk bisa dijadikan menu makanan sehat sehari – hari.

Tim juri yang menilai Lomba Cipta Menu B2SA ini antara lain, Perwakilan Ketua TP PKK Provinsi Lampung (Ibu Riana Sari Arinal), Dosen Fak. Pertanian UNILA (Ir. Suliawati. MS), ketua ICA (Indonesian Chef Asosiation) Lampung (Ibu. Susanti SE. MM), perwakilan Dinas Kesehatan Prov Lampung (Novi Franika SKM. M. KES),

Baca Juga:  Duta Swasembada Gizi Terus Berupaya Mencetak Generasi Unggul Lampung Selatan

Bunda Winarni juga menyempatkan berkeliling mengunjungi Stand Bazar UMKM milik Kabupaten lainnya yang hadir dalam acara ini.

Setelah mendapatkan hasil penilaian dari team Juri, Dosen Fakultas Pertanian UNILA membacakan Hasil lomba. (Fn)

Juara 1 kategori Lomba Cipta Menu B2SA diraih oleh Kabupaten Kota Metro, selanjutnya Juara 2 dan 3 di raih oleh Kabupaten Lampung Selatan dan Tulang Bawang

Serta Juara Harapan 1,2 dan 3 diraih oleh
Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah dan Lampung Utara.

Dibacakan juga hasil dari Lomba Bazar UMKM dengan urutan juara 1,2 dan 3 Kabupaten Mesuji, Lampung Barat dan Way Kanan.

Para juara dari lomba ini diberikan Trophy penghargaan dan Uang Binaan yang diserahkan Oleh Mami Yani Fahrizal.

Tidak Lupa Mami Yani mengucapkan selamat kepada para TP PKK Kabupaten yang mendapatkan penghargaan.

Selaian itu mami Yani berpesan agar terus berkarya dan melakukan inovasi demi masyarakat Lampung yang lebih sehat. (Fn)