Beranda Hukum Personel Polres Way Kanan Menerima Penyuluhan Hukum Tentang Perkap No 1 TH...

Personel Polres Way Kanan Menerima Penyuluhan Hukum Tentang Perkap No 1 TH 2009 dan Perkap No 8 TH 2009

218
Ist

Suaratrans. com, WAY KANAN – Bidang hukum Polda Lampung Gelar Penyuluhan Hukum kepada personel Polres Way Kanan di GSG Pesat Gatra Polres Way Kanan. Rabu (31/07/19).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro yang diwakili Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto, Ketua Tim Advokat Madya 1 Bidkum Polda Lampung AKBP Subhan didampingi Paur Ham KOMPOL M Joni AK dan tiga personil tim Bidkum Polda Lampung, pejabat utama Polres Way Kanan, para Kapolsek jajaran dan personel Polres Way Kanan.

“Selamat datang kepada ketua tim dan rombongan personel Polres Way Kanan siap menerima arahan dari Tim Bidkum Polda Lampung mengenai Perkap No 1 TH 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian dan Perkap No 8 TH 2009 tentang Implementasi prinsip dan standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Polri,” kata Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto mewakili Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro .

Baca Juga:  DPO Curas Berhasil di Tangkap Oleh Tim Tekap 308 Polres Way Kanan

Sedangkan Ketua Tim penyuluhan, AKBP Subhan menyampaikan, pencerahan tentang Perkap No 1 Th 2009 dan Perkap No 8 Th 2009 kepada 200 personel Polres Way Kanan yang hadir.

Ada 6 prinsip yang harus di perhatikan untuk melakukan tindakan kepolisian yang diatur dalam perkap No 1 Th 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian, yakni prinsip legalitas, nesesitas, proposionalitas, kewajiban umum, Preventif, dan prinsip masuk akal (Reasonnable).

“Personel Polri harus mempelajari prilaku psikologi di lingkungan sekitar kita, itu juga diatur oleh perkap No 1 Th 2009. apa yang harus dilakukan. Kenapa ini harus dilakukan sebab tujuan penggunaan kekuatan dalam perkap No 1 Th 2009 untuk melindungi diri dari ancaman atau perbuatan pelaku kejahatan dan melindungi kehormatan kesusilaaan atau harta benda dari serangan yang mengancam jiwa seseorang.” Katanya.

Baca Juga:  IRT di Dente Teladas Ditangkap Polisi

Sementara, anggota Polisi harus mempertimbangkan penggunaan alternatif, misalnya mengelabui, cara-cara yang tidak mematikan, metode-metode psikologi dan negosiasi.
Paur ham bidang hukum Polda Lampung KompoL M Joni AK juga memberikan materi tentang perkap No 8 Th 2009 tentang implementasi prinsip dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas Polri.

Dimana kandungan nilai HAM merupakan kebebasan kemerdekaan, perdamaian dan keadilan, yang merupakan karakteristik HAM yaitu Kodrat, Hakiki, Universal, tidak dapat dicabut, dan tidak dapat dibagi. (YULIANYO/MS)