Berita Media Globalberita terkiniDaerahLampungTanggamus

Pj Bupati Tanggamus Menyerahkan Bantuan Dari Dinas Pendidikan Tanggamus Untuk Siswa/i Korban Banjir Talang Padang

Tanggamus,(Suara trans.com) Bencana banjir yang menimpa sebagian wilayah di kabupaten tanggamus beberapa waktu lalu berdampak cukup signifikan terutama pada kegiatan belajar mengajar.

Oleh karena itu, Pj. Bupati Tanggamus menyerahkan bantuan dari jajaran dinas pendidikan kabupaten tanggamus berupa 77 buah tas dan paket alat tulis sekolah untuk siswa-siswi SD dan SMP di kecamatan talang padang kabupaten tanggamus yang terdampak banjir. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di SMP Negeri 1 talang padang pada selasa (28/05/2024).

 

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut kepala dinas pendidikan tanggamus, kepala dinas dukcapil tanggamus, kepala dinas sosial tanggamus, sekretaris dinas pendidikan tanggamus, Camat dan uspika kecamatan talang padang, koordinator SPLP, para kepala sekolah SD dan SMP se-kecamatan talang padang, orang tua dan dewan guru.

 

Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu jajaran Dinas Pendidikan yang telah proaktif melaksanakan kegiatan ini dan hadir ditempat ini.

 

”Apa yang kita lakukan merupakan salah satu wujud kepedulian kita untuk menciptakan rasa kebersamaan dan senasib sepenanggungan kepada masyarakat terutama mereka yang tengah mengalami musibah bencana banjir, terlebih anak-anak mereka adalah yang terdampak dan masih bersekolah di wilayah kita,” katanya.

Baca Juga:  Bupati Nanang Ermanto Resmikan Kolam Pemancingan Milik Ketua APCI di Palas

 

Pj. Bupati pun mengatakan, seperti yang telah kita ketahui dan saksikan bersama bahwa pada beberapa waktu yang lalu di kecamatan talang padang dan beberapa kecamatan lain terkena musibah bencana banjir.

 

”Beberapa rumah siswa-siswi mengalami hanyut dan rubuh, sehingga mengakibatkan mereka tidak bisa melaksanakan aktifitas seperti biasa (masuk sekolah) mengingat seragam, buku, sepatu dan semua perlengkapan sekolah ikut hanyut terbawa air,” katanya.

 

Pj. Buapati menegaskan bahwa pemerintah kabupaten tanggamus cepat tanggap dan segera mengambil tindakan untuk membantu masyarakat yang sedang terkena musibah.

 

”Pemerintah daerah dan beberapa lembaga masyarakat bekerjasama dalam melakukan penanganan setelah terjadinya bencana,” ungkapnya.

 

Adapun kedatangan kami disamping ingin melihat langsung keadaan pasca banjir, kami juga akan menyampaikan bantuan kepada siswa-siswi sekolah, diantaranya SDN 1 Talang Padang sebanyak 21 orang, SDN 1 Suka Merindu 3 orang, SDN 1 Sukarame 2 orang, SDN 1 Sinar Semendo 4 orang, SDN 1 Banding Agung 10 orang, SMPN 1 Talang Padang 12 orang, SMPN 2 Talang Padang 1 orang, SDN 2 Sinar Semendo 7 orang, SDN Sukabumi 9 siswa, SDN 2 Banding Agung 4 orang, SDN Sinar Petir 2 orang Dan SD Muhammadiyah 2 orang. Dengan total keseluruhan 77 orang.

 

Pj. Bupati menambahkan bahwa yang perlu menjadi perhatian adalah dalam waktu dekat jajaran satuan pendidikan akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester yang akan dilaksanakan pada tanggal 03 Juni 2024.

Baca Juga:  Kadis Pariwisata Lamsel dan Rio By The Beach Kunjungi Keluarga Korban Tenggelam di Tulang Bawang

 

”Semoga anak-anak kita ini terus tabah, sabar dan semangat belajar agar ujian yang akan dilaksanakan minggu depan dapat berhasil dilalui dengan baik,” harapnya.

 

Atas nama pimpinan di jajaran pemerintah Kabupaten Tanggamus saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi Kepada Jajaran Dinas Pendidikan atas kontribusinya dan cepat tanggap didalam penanganan bencana, terutama perhatiannya terhadap peserta didik yang meskipun dalam keadaan darurat harus tetap melanjutkan kegiatan belajar mengajarnya.

 

”Atas kejadian ini dapat kita ambil hikmahnya dan saya menghimbau kepada warga masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dikarenakan bencana alam merupakan peristiwa yang tidak dapat kita ketahui kapan dan dimana terjadinya sehingga Insya Allah dapat diantisipasi serta kita minimalisir korban dan kerugian yang terjadi,” pintanya.

 

Melalui kesempatan ini Pj. Bupati Tanggamus berharap kepada semua pihak untuk ikut serta bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 dengan cara :

1. Meningkatkan sikap responsif dan cepat tanggap aparat pemerintah sesuai tupoksinya masing-masing.

2. Meningkatkan kapasitas kelembagaan maupun pribadi serta meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

3. Meningkatkan kepedulian kita masing-masing terhadap kelestarian alam sekitar dan lingkungan kita.

 

‘Terkait antisipasi bencana, Saya minta ada sinergisitas antar lembaga/instansi, stakeholder dan masyarakat sehingga dapat menentukan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana. Tentu kita selalu berdo’a dan berharap tidak terjadi bencana disekitar kita.(Koko)

Artikel Terkait

Back to top button