Berita Media Globalberita terkiniDaerahLampungTanggamus

Polres Tanggamus Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pengendara sepeda motor dan Pengemudi Ambulan.

Laporan : Suryadi

Tanggamus,(Suaratans.com) -Polres Tanggamus mengadakan kegiatan sosialisasi Safety Riding dan Etika Berlalu Lintas kepada Komunitas/Club Motor serta Supir Ambulans yang berlangsung di Aula Paramasatwika dan Lapangan Mapolres Tanggamus, Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Tanggamus, khususnya Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus, untuk memberikan edukasi kepada pengguna jalan, terutama pengendara kendaraan bermotor.

Tujuan kegitan agar para pengendara dapat menguasai teknik-teknik berkendara yang baik dan benar sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya.

Acara ini dibuka oleh Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, SH. SIK. MSi., didampingi Kasat Lantas Iptu Ridwansyah dengan dihadiri oleh komunitas kendaraan bermotor dan para pengemudi ambulans di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga:  Bahan Pokok di Pasar Murah Dekranasda Lampung Selatan Ludes Terjual

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Rinaldo Aser menyampaikan pentingnya kesadaran lalu lintas dan keterampilan berkendara yang aman.

“Kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat hari ini dalam rangka acara penyuluhan sadar lalu lintas dan safety riding kepada rekan-rekan komunitas kendaraan bermotor dan driver ambulan di wilayah Kabupaten Tanggamus,” kata AKBP Rinaldo Aser.

Beliau menekankan bahwa berkendara di jalan raya, baik menggunakan mobil maupun motor, memerlukan keterampilan dan teknik yang baik dan benar

“Semua orang mungkin bisa menggunakannya, tapi hanya sedikit yang mengetahui teknik dasar berkendara secara aman,” tambahnya.

Kapolres menyebut, di wilayah Tanggamus, angka kecelakaan kendaraan bermotor masih tergolong tinggi dan sebagian besar melibatkan sepeda motor. Faktor utama penyebab kecelakaan ini adalah kelalaian manusia atau kesalahan pengendara itu sendiri.

“Banyak orang belajar mengendarai kendaraan secara otodidak tanpa memahami teknik berkendara yang benar, sehingga menganggap diri mereka sudah cukup mahir hanya karena bisa membawa kendaraan di jalan,” ujarnya.

Baca Juga:  Hitung Cepat Pilkada Versi KPU Lamsel, Sementara Nanang Masih Unggul

Kapolres menjelaslan, kegiatan ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Tanggamus, khususnya Satlantas Polres Tanggamus untuk memberikan edukasi kepada para pengguna jalan, khususnya para pengendara kendaraan agar lebih bisa menguasai teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.

“Yang tujuannya adalah untuk dapat mencegah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya,” jelas Kapolres.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengendara akan pentingnya berkendara dengan aman dan mematuhi peraturan lalu lintas demi terciptanya keselamatan bersama di jalan raya.

Kegiatan itu juga diisi materi Dinas Kesehatan Tanggamus, Yekti Mulyasari dan pihak Honda Kota Agung Evan Udiansyah serta teknik berkendara oleh anggota Sat Lantas Polres Tanggamus di lapangan Mapolres.

Hadir dalam kegiatan itu, Persaudaraan Pengemudi Ambulans Indonesia (PPAI), Raja Tanggamus Bersatu (RTB), Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI), Gasax Trail Gisting dan Tanggamus Vespa Club (TVC).(Koko)

Artikel Terkait

Back to top button