Beranda Ekonomi Pupuk Langka!!! Petani di Mesuji Timur Menjerit

Pupuk Langka!!! Petani di Mesuji Timur Menjerit

324
Foto: gery/suaratrans.com

Suaratrans.com, MESUJI – Kelangkaan pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska dan SP 36 melanda Kecamatan Mesuji Timur. Bahkan petani khawatir, jika kelangkaan pupuk berlanjut, maka produksi padi yang tengah mereka tanam akan menurun.

Salah satu petani dan sekaligus Ketua Gapoktan asal Desa Muara Mas Mudakir (48) mengungkapkan, sejak sebulan terakhir ini, dirinya dan para petani didesanya, sangat sulit mendapatkan pupuk bersubsidi.

Baca Juga:  Tanaman Padi di Kabupaten Mesuji Terancam Gagal Panen

“Sudah komunikasi dengan PPL Mesuji timur, stok pupuk bersubsidi NPK Phonska dan SP36 telah habis, itu aneh, seharusnya stok masih ada, mengingat masa tanam baru berjalan 30 hari,” katanya kepada suaratrans.com, Senin (24/6/2019).

Akan tetapi, Mudakir mendapatkan informasi dari petugas PPL Siahan, bahwa  dikabupaten mesuji tidak ada lahan pesawahan, dengan demikian, sangatlah wajar kalau jenis pupuk tersebut langka.

Lalu Mudakir mengadu ke Dinas yang terkait, dan dirinya disarankan, agar petani beralih menggunakan pupuk jenis NPK Phonska dan Sp36.

Baca Juga:  Seorang Pelajar Diamankan Polres Tanggamus, Ini Penyebabnya...!!

“Kalau hanya mengandalkan pupuk jenis urea itu justru tidak baik untuk tanaman, karena rawan terserang hama kresek, sehingga pemakaiannya harus imbang, namun sekarang pupuknya malah langka,” ujarnya. Sementara itu, pihak PPL sampai saat ini  belum bisa dikonfirmasi terkait langkanya pupuk yang di keluhkan oleh para petani, saat di konfirmasi oleh suaratrans.com melalui mesengger Whatsapp (WA) ataupun telepon seluler hingga berita ini diterbitkan. (GERY/KOWOR CS)