Beranda Politik Rapat Pleno Terbuka Hari Ke-3 di Kabupaten Tulang Bawang Semakin Memanas

Rapat Pleno Terbuka Hari Ke-3 di Kabupaten Tulang Bawang Semakin Memanas

336
Foto: toni/suaratrans.com

Suaratrans.com, TANGGAMUS  – Terjadi ketidaksesuaian suara yang memakan waktu proses rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara Kabupaten Tulangbawang, karena harus dilakukan perhitungan ulang surat suara pada pada seluruh kotak suara tingkat Kabupaten, Kamis (2/5/2019).

Banyak ditemukan jumlah suara sangat berbeda dari C1 yang dipegang oleh masing-masing Partai Politik (Parpol) dan kesalahan jumlah suara caleg serta tidak sesuainya jumlah pemilih dan suara tidak sah.

Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Tulangbawang memasuki hari ketiga semakin memanas.

Beberapa saksi Parpol di Dapil II Kecamatan Banjar Baru, Banjar Agung, dan Banjar Margo meminta untuk membongkar seluruh kotak suara serta dilakukan penghitungan ulang.

Baca Juga:  Hari Ini, KPU Mesuji Mulai Menggelar Rapat Plano

Penghitungan surat suara ulang pada rapat Pleno tingkat Kabupaten ini juga berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Tulangbawang yang menerima beberapa laporan terkait banyaknya ketidaksesuaian hasil perolehan suara dan perbedaan suara C1 pada setiap TPS dari masing-masing saksi parpol.

Diantaranya, pelaporan dari Partai Gerindra dan PAN yang melaporkan ketidaksesuaian hasil suara di tingkat TPS, juga adanya perbedaan jumlah suara dari C1 masing-masing Parpol.

Ketua Bawaslu Tulangbawang Rachmad Lihunsu mengatakan, pihaknya merekomendasikan perhitungan ulang pada Dapil II meliputi Kecamatan Banjar Agung, Banjar Margo dan Banjar Baru untuk Caleg DPRD tingkat Kabupaten.

Baca Juga:  Nanang Meminta Kepada Pihak Kecamatan Bakauheni Untuk Menyediakan Tempat Sampah

Sebelum diputuskan untuk perhitungan surat suara ulang di seluruh TPS pada Dapil II, KPU Kabupaten Tulangbawang meminta tanggapan dari PPK, Panwascam, dan masing-masing saksi parpol.

Saksi PDIP dan PKS menolak dilakukan perhitungan ulang surat suara karena adanya perbedaan dan selisih suara telah disesuaikan melalui rapat pleno tingkat PPK.

Sementara, Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, PPP meminta agar dilakukan perhitungan surat suara ulang pada seluruh TPS untuk mengetahui dan mencari kebenaran adanya ketidaksesuaian suara.

Ketua KPU Kabupaten Tulangbawang Reka Punnata mengatakan, KPU akan melaksanakan perhitungan surat suara ulang sesuai rekomendasi dari Bawaslu.

“Karena jika rekomendasi Bawaslu tidak kita laksanakan, maka KPU akan dilaporkan pada DKPP, dan KPU tidak mau di DKPP. Untuk itu akan kita lakukan perhitungan ulang surat suara pada Dapil II ini,” katanya. (TONI)

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here