Beranda Kota Metro Rencana Walikota Metro,Rolling Pejabat Kota Metro di Isukan dari Luar Daerah

Rencana Walikota Metro,Rolling Pejabat Kota Metro di Isukan dari Luar Daerah

260
Dok, Istimewa
Dok, Istimewa

Kota Metro-(Suaratranz)- Adanya Isu Rencana Walikota dan Wakil Walikota Metro, akan merotasi serta mengevaluasi sejumlah pejabat yang ada dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, mendapat tanggapan dari mantan Walikota Metro dua periode, H. Lukman hakim SH.MM.

Dalam hal ini Lukman mengingatkan agar Walikota Metro Wahdi dan Wakil Walikota Metro Qomaru, untuk bersikap bijak dan cermat dalam menempatkan orang-orang yang memiliki kemampuan yang mumpuni dibidangnya masing-masing.

“Jangan sampai mengedepankan faktor kedekatan dengan seseorang, tapi lebih mengedepankan faktor kemampuan,” katanya, Rabu (18/08/2021).

Untuk itu Walikota dan Wakil Walikota Metro harus betul-betul menjalankan tahapan dan seleksi yang baik dan sangat ketat, agar bisa mendapatkan pejabat yang benar-benar berkualitas.

“Jika berkualitas, tentunya pejabat tersebut bisa mengamplikasikan dan menjalankan visi misi dari walikota dengan baik,” ucapnya.

Baca Juga:  KWRI Metro Bagikan Minuman Sehat Kepada Masyarakat dan Petugas Jaga

Dirinya juga menambahkan agar walikota dan wakil walikota, tidak mengesampingkan pejabat yang ada di Kota Metro, untuk mengisi jabatan dilingkungan pemkot Metro.

“Kemampuan yang dimiliki pejabat di Kota Metro, sama hebatnya dengan pejabat dari luar daerah, sehingga tidak perlu mengambil penjabat dari luar daerah,” ucapnya.

Sementara itu hal senada juga disampaikan mantan ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Metro, Riki sanjaya juga menyampaikan agar Walikota dalam menggunakan hak priogratif, tidak dilakukan dengan keputusan secara sepihak.

“Seperti dalam memilih pejabat, Walikota harus mengutamakan yang paham dengan kondisi dan permasalahan Kota Metro,” katanya.

Baca Juga:  Sempat Melaporkan Pelecehan Anak di Bawah Umur, dikabarkankan Berujung damai

Dirinya mencontohkan permasalahan banjir yang terjadi di Kota Metro, Walikota harus menempatkan pejabat yang mengetahui permasalahan tersebut, mulai dari total jumlah panjang, hingga berapa volume yang menjadi titik-titik permasalahan banjir.

“Jika sudah paham dan mengerti semua permasalahan tersebut maka pastinya pejabat tersebut bisa melaksanakan visi-misi Walikota dengan baik,” terangnya.

Selain itu dirinya juga meminta agar walikota lebih mengutamakan pejabat yang berasal dari Kota Metro untuk mengisi jabatan, dari pada memilih pejabat dari luar daerah, Ini sudah terbukti dari kinerja yang telah dilakukan masing-masing pejabat.

“Dengan keberhasilan Kota Metro mendapatkan penghargaan, baik dari tingkat nasional maupun tingkat provinsi berkat kinerja para pejabat tersebut,” tutupnya. (*)