Beranda Daerah Resmikan Gedung Safety Center, ” Hi.Saply TH” Tujuannya Adalah Meningkatkan Aksesibilitas,...

Resmikan Gedung Safety Center, ” Hi.Saply TH” Tujuannya Adalah Meningkatkan Aksesibilitas, Keterjangkauan Dan Kualitas Pelayanan kesehatan Kepada Masyarakat

216

Mesuji Lampung,(Suaratrans.com) – Bupati Mesuji Hi.Saply TH Hari ini Kamis 20/5/21 secara Langsung Meresmikan Gedung Public Service (Safety Center) PSC 119 Kabupatelen Mesuji

Kegiatan yang di Laksanakan di loksi gedung safety center Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya ini hadiri Ketua DPRD Kabupaten Mesuji,Kapolres Mesuji,Dandim 0426 Tulang Bawang yang diwakili oleh Danramil Mesuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, beserta Staf pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji,Camat se-Kabupaten Mesuji,Direktur UPTD RSUD BRBC Kepala UTD,Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Mesuji,Para Kepala Desa serta di dampingi Ketua BPD.

Peresmian Publik Safety Center Oleh Bupati Mesuji

Bupati Mesuji Dalam Sambutannya Mengatakan ‘,  Pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadara, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setip orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan Sumberdaya Manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Baca Juga:  Raden: Karna Pada Hakikatnya, Manusia Memerlukan Manusia Lain

Pembangunan Gedung Safert Center ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan aksesibilitas, keterjangkauan, dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta menyukseskan program jaminan sosial dengan memandang kondisi geografis dan kebutuhan masyarakat di wilayah ini.

tentunya Hal itu berdasarkan peraturan menteri kesehatan nomer 19 tahun 2016 pasal 5 ayat (3) tentang system penanggulangan gawat darurat terpadu pemerintah daerah harus membentuk PSC; pembentukan PSC dimaksudkan untuk meningkatkan akses penanganan korban/pasien gawat darurat berupa fasiltas pelayanan kesehatan yang memadai dengan melalui system penanggulangan gawat darurat terpadu yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses Telekomunikasi 119.

Selain Peningkatan akses pelayanan Safety Center juga efektif dalam pelayanan penanganan kegawat daruratan yang terpadu dan terintegrasi dengan pihak-pihak terkait diantaranya POLRES, DINKES, POL PP, BPBD, DAMKAR dan Instansi Lainnya kata Bupati.

Baca Juga:  Open Tournamen Sepakbola di Buka Oleh Camat Tanjung Raya

Bupati Mesuji Melanjutkan,  Safety Center dikabupaten Mesuji diselenggarakan selama 24 jam sehari secara terus menerus, dan setiap fasyankes di daerah Mesuji wajib turut serta dalam penyelenggaraan PSC.

pelayanan gawat darurat yang dapat dilayani dengan Safety Center adalah tindakan medis yang dibutuhkan oleh korban atau pasien dalam waktu segera  untuk menyelamatkan nyawa dan kecacatan.

PSC mempunyai tugas diantaranya adalah memberikan pelayanan ambulan, ketenagaan maupun sarana penunjang lain, memberikan informasi tentang fasyankes , informasi tempat tidur di RUmah sakit, melaukan koordinasi dengan fasyankes jejaring PSC,pengevakuasi korban atau pasien gawat darurat, dan pemandu pertolongan pertama penanganan kkorban atau pasien gawat darurat.

usai Sambuatannya Degan Mengucap “Bismillahirrohmanirrohim”, Gedung Public Service Center Kabupaten Mesuji, saya nyatakan DIRESMIKAN. Tutup Bupati Mesuji.(Dmr/Yos)