Beranda bandar lampung Sekdaprov Pimpin Rapat Penetapan Program dan Target Kerja TPAKD 2022

Sekdaprov Pimpin Rapat Penetapan Program dan Target Kerja TPAKD 2022

55

Bandar Lampung (Suaratran.com) -Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, memimpin Rapat Penetapan Program dan Target Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Lampung Tahun 2022, sekaligus Sosialisasi Web Pasar Kredit Murah Lampung, di Gedung Pusiban, Selasa (19/4/2022).

 

Selaku Koordinator TPAKD Provinsi Lampung, Sekdaprov menyampaikan bahwa TPAKD telah menjadi motor penggerak penguatan ekosistem perekonomian daerah melalui peningkatan akses keuangan.

 

Berbagai program kerja telah diimplementasikan oleh TPAKD Provinsi Lampung tahun 2021, diantaranya Desa Inklusi Keuangan, Pendirian Jamkrida, Optimalisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), Implementasi Kartu Petani Berjaya (KPB), Revitalisasi Aset Petani, Forum Ekspor Lampung (FELA), dan lainnya.

Berkaitan dengan Program TPAKD tersebut, Provinsi Lampung meraih TPAKD Award 2021 karena dinilai berhasil mengimplementasikan Program Kerja TPAKD dengan sangat baik, optimal dan berdampak positif terhadap percepatan akses keuangan daerah.

Baca Juga:  Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional, OJK Terus Mendorong Sektor Jasa Keuangan Untuk Lebih Aktif  

 

Kategori penghargaan yang diraih adalah Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian, dimana Kartu Petani Berjaya sebagai salah satu program kerjanya.

 

Lebih lanjut, Sekdaprov Fahrizal Darminto bahwa TPAKD Provinsi Lampung telah meluncurkan Sistem Informasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (SITPAKD), yaitu media monitoring dan evaluasi serta penyampaian laporan rencana dan realisasi program kerja TPAKD yang dapat diakses oleh seluruh anggota TPAKD.

 

“Saya berharap, seluruh anggota TPAKD Provinsi Lampung dapat menyampaikan laporan progres pelaksanaan program kerjanya ke dalam aplikasi SITPAKD secara tepat waktu,” kata Sekdaprov.

Baca Juga:  Bupati Mesuji Secara Simbolis Berikan BLT dan Beras 10 Kg Kepada1962 KK Di Kecamatan Mesuji

 

Sekdaprov juga meminta TPAKD Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk terus menciptakan terobosan dalam rangka memperluas akses keuangan masyarakat.

 

Hadir dalam kegiatan Kepala OJK Provinsi Lampung, Bambang Hermanto, Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung, Perwakilan Kepala KPw BI Lampung, Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Perwakilan TPAKD seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Ketua Apindo Lampung.

 

Kepala OJK Provinsi Lampung, Bambang Hermanto pada kesempatan tersebut berharap, ada terobosan dari TPAKD kabupaten/kota sehingga dapat memberikan sumbangsih yang lebih kepada masyarakat terkait dengan eksistensi dari TPAKD itu sendiri.

 

Tahun 2022 terdapat beberapa program kerja yang menyasar UKM/IKM. Diantaranya, optimalisasi penyaluran KUR, mendukung program kredit pembiayaan melawan rentenir.(rls)