Beranda Ekonomi Tanaman Buah Semangka Menjadi Favorit di Kabupaten Mesuji

Tanaman Buah Semangka Menjadi Favorit di Kabupaten Mesuji

612

Suaratrans, MESUJI – Tanaman Buah semangka mulai menjadi Favorit petani Kabupaten Mesuji.

Pertanian di Kabupaten Mesuji kian maju, selain tanaman tahunan seperti Karet, Kelapa Sawit, dan tanaman pangan Padi.

Semangka tanaman buah yang usianya panennya sekitar 58 – 70 hari setelah tanam, tanaman ini sangat cocok ditanam di Bumi Ragab Begawe Caram.

Salah satunya Anto (37), dirinya adalah petani buah semangka mandiri asal Desa Brabasan Kecamatan Tanjung Raya, mulai menekuni bertani semangka sejak 2010 sampai sekarang.

Baca Juga:  Bupati Way Kanan Menandatangani NPHD Pemerintah Dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten

Hasil panen semangka di mesuji per hektarnya bisa mencapai 30 – 40 ton kategori semangka A, B, jika harga mencapai 4000-4500/kg maka penghasilannya sangat fantastis, ini menunggu selama 3 bulan sejak olah lahan.

“Nanam buah semangka, sebenarnya sangat menjanjikan untuk di Kabupaten Meauji, Kalau harga rata-rata 4 ribuan per kilogramnya. Kalau masalah panen hasil tidak menentu per hektarnya. Pokoknya sangat menguntungkan untuk sementara ini,” katanya, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga:  Sesuai Arahan Hi.Saply TH Akses Jalan Desa Talang Gunung - Talang Batu Penghubung Desa Brabasan Dan Muara Tenang Diperbaiki

Lebih lanjut Anto mengatakan, dengan adanya trobosan baru petani semangka, selama ini belum tersentuh sama sekali oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji.

“Petani semangka belajar sendiri belum ada penyuluhan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji,” tutup Anto. (GERRY)