Beranda Ekonomi Tanaman Padi di Kabupaten Mesuji Terancam Gagal Panen

Tanaman Padi di Kabupaten Mesuji Terancam Gagal Panen

634
Foto: Heri Gery/suaratrans.com

Suaratrans.com, MESUJI – Hama wereng yang melanda tanaman padi di Kecamatan Mesuji Timur dan Kecamatan Mesuji, petani padi merasa was-was akan gagal panen terulang kembali.

Satiman (58) salah satu petani Desa Pangkal Mas Jaya, Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji mengatakan, hama wereng sudah merajalela menyerang tanaman sejak dipersemaian, dan susah dikendalikan, dan berbagai upaya sudah dilakukan, namun hama wereng belum bisa tuntas juga.

Baca Juga:  Pasar Pemda KM 2 Blambangan Umpu, Ramai di Padati Pengunjung,

Musim rendeng atau musim tanam, banyak petani yang gagal panen yang disebabkan oleh hama wereng, biasanya hasil panen jika normal 1 hektar, bisa mencapai 90 karung gabah atau padi, namun akibat merebaknya serangan wereng dalam 1 ha hanya dapat 9-16 karung padi, bahkan tidak panen sama sekali.

“Harapan para petani di musim tanam gadu ini, dinas yang terkait bisa lebih jeli turun kelapangan, dan segera ada tindakan yang dapat mencegah hama wereng di musim tanam gadu ini.” Katanya, Jumat (5/7/2019).

Baca Juga:  Akibat Kurangnya Pasokan Listrik Dari PLN, RSUD ZAPA di Keluhkan Oleh Pasien

Begitu juga Sawud (62) membenarkan, bahwa ada hama wereng di Kecamatan Mesuji Timur dan Mesuji yang sangat sulit di kendalikan oleh obat hama apapun.

“Bahkan sudah hampir setiap musim tanam padi, pasti terjadi serangan hama wereng, serangan hama wereng ini, hampir berjalan 4 tahun ini,” katanya (GERRY/KOWOR).