bandar lampungBerita Media Globalberita terkiniDaerahLampung

Transformasi Tata Kelola Pelayanan Pelanggan, Penjualan PLN UID Lampung Terdongkrak Tumbuh 7,10% atau 1,84 TWh di April 2023  

Bandar Lampung,(Suaratrans.com) -11 Mei 2023 – PT PLN (Persero) Unit Induk Lampung berhasil membukukan penjualan sebesar 5,38 TWh selama tahun 2022. Hal ini merupakan buah dari transformasi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero), khususnya di bidang pelayanan pelanggan.

 

Kesuksesan penjualan selama tahun 2022 tercermin pada peningkatan penjualan listrik sebesar 5,71% dari 1,74 Terrawatt hour (TWh) pada Bulan April tahun 2022, menjadi 1,84 TWh di bulan yang sama pada tahun 2023. Sehingga pendapatan penjualan tenaga listrik tumbuh sebesar 7,10% dari Rp. 1.871 Miliar pada April tahun 2002 menjadi Rp. 2.004 Miliar pada April tahun 2023.

 

Seiring dengan peningkatan penjualan tenaga listrik, peningkatan juga terjadi di sisi jumlah pelanggan, jumlah pendapatan dan jumlah VA tersambung di bulan April tahun 2023.

Baca Juga:  Jelang Tutup Tahun 2021, YBM PLN Gelontorkan Rp480 Juta untuk Pemberdayaan UMKM, Santuni Dhuafa dan Beasiswa

 

Hal itu dijelaskan oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, Saleh Siswanto. “Peningkatan kinerja penjualan energi listrik ini juga diikuti dengan bertambahnya jumlah pelanggan sebesar 3,43% . Diikuti dengan peningkatan jumlah pendapatan sebesar 7,10%, dan peningkatan VA tersambung sebesar 5,02%.”

 

Pencapaian di tahun 2023 berdasarkan data penjualan dari bulan Januari hingga April 2023, tarif Rumah Tangga berkontribusi paling tinggi terhadap penjualan energi. Pada bulan April 2023, tarif Rumah Tangga berkontribusi terhadap penjualan PLN UID Lampung sebesar 59% atau sebesar 269,75 juta kwh. Sedangkan di Bulan Maret 2023 sebesar 54,4% atau sebesar 261,98 juta kwh.

 

Sehingga berdasarkan data tersebut kontribusi tarif Rumah Tangga terhadap penjualan PLN UID Lampung mengalami kenaikan antara bulan Maret dengan April 2023 sebesar 4,6%.

Baca Juga:  Gagalkan Transaksi Narkoba, Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Terang Bersama Linmas Amankan 19 Paket Kecil Sabu

 

“Tren ini menunjukan adanya peningkatan Kinerja PLN salah satunya dalam hal penjualan energi. Hal ini merupakan buah dari tranformasi yang dilakukan PLN terutama dalam sektor pelayanan kepada masyarakat,” terang Saleh.

 

Transformasi digital pada sektor pelayanan kepada masyarakat yang dimaksud oleh Saleh adalah kemudahan pelayanan dan upaya peningkatan kepuasan pelanggan melalui super-app milik PLN yakni PLN Mobile. Dimana masyarakat dapat melakukan permohonan pelayanan PLN melalui smartphone.

 

“Transformasi digital yang diwujudkan oleh PLN melalui PLN Mobile ini merupakan upaya PLN dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mempermudah pelanggan dalam menikmati layanan-layanan yang disediakan oleh PLN. Kami harap dengan hadirnya PLN dalam smartphone anda, PLN semakin hadir dan semakin melayani pelanggan tentunya dengan kualitas yang semakin baik. Aplikasi PLN Mobile dapat anda download secara gratis melalui Google Playstore untuk pengguna Android dan Appstore bagi pengguna iOS,” tutup Saleh.

Artikel Terkait

Back to top button