Beranda Daerah Lampung Belasan Ribu Peserta, Ramaikan Festival Pawai Budaya

Belasan Ribu Peserta, Ramaikan Festival Pawai Budaya

282

SUARATRANS.COM, MESUJI – Dalam rangka pengenalan adat dan budaya serta suku yang ada di Kabupaten Mesuji, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaa Kabupaten Mesuji menggelar Lomba festival Pawai Budaya, kamis (22/11/2018), bertempat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Dalam Lomba Festival Pawai Budaya yang di buka oleh Plt. Sekretaris Daerah Mesuji Adi Sukamto.

Dalam sambutannya Adi Sukamto menjelaskan, bahwa pawai buadaya ini adalah bentuk apresisi seluruh warga di kabupaten mesuji, dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Mesuji ke-10. Untuk rute pawai budaya sendiri yakni, sekitar 3 km, degan star awal di mulai dari perempatan Desa Sidomulyo Kecamatan Mesuji, menuju ke arah kantor pemerintah daerah kabupaten mesuji yang terletak di desa wiralaga mulya.

“Pawai budaya ini merupakan sebuah aktualisasi, nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang di Kabupaten Mesuji. Sebagai warga mesuji, kita patut berbangga, karena melalui pawai budaya ini, dapat melihat keragaman budaya yang hidup, tumbuh, dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Kabupaten Mesuji. Sehingga, budaya ini akan selalu berbaur menjadi satu untuk satu tujuan, salah satunya untuk memeriahkan HUT Ke-10 Kabupaten Mesuji,” katanya.

Baca Juga:  HUT Duta Lampung dan Pena Berlian Mengadakan Lomba Mancing Mania

Lebih lanjut dia berharap, moment ini dapat menunjukkan kondisi Kabupaten Mesuji yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Dengan masyarakatnya yang hidup berdampingan, kompak, bersatu, dan bahu-membahu dalam mendukung pembangunan sesuai dengan semboyan yang ada di Kabupaten Mesuji “Bumi Ragab Begawe Caram”.

“Saya menyambut baik dengan diselenggarakannya Pawai Budaya ini, sebagai salah satu cara dan bentuk upaya menghidupkan spirit kebudayaan yang harus ditanamkan sebagai fondasi pembentukan karakter bangsa, khususnya kepada generasi muda saat ini. Pada kesempatan ini, saya mengajak semua element masyarakat mesuji untuk menjaga, memperkuat, dan melestarikan budaya yang ada karena menjadikan Kabupaten Mesuji kaya akan keanekaragaman budaya,” harap Sukamto.

Baca Juga:  Ini Terobosan Satlantas Polres Tulang Bawang Jelang Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Mesuji Syamsudin, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji Lasmidi menjelaskan, peserta yang ikut dalam lomba pawai budaya yang di gelar berjumlah sekitar 10 ribu peserta.

Sedangkan untuk jumlah peserta tahun ini lebih banyak di bandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun 2018 berdasarkan data, ada sekitar 230 kontigen, dengan jumlah peserta 10 sampai 15 ribu peserta.
“Saya berharap, kedepannya dengan selalu di gelarnya pawai budaya nusantara ini, dapat menarik Wisatawan Asing untuk berkunjung ke Kabupaten Mesuji, sehingga adat dan istiadat masyarakat mesuji dapat lebih di kenal di seluruh Nusantara hingga ke manca negara.” Tutupnya. (DHAMAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here